HEADLINEPERISTIWAPOLITIK & PEMERINTAHANTERKINI

Lima Kecamatan di Bangkalan Terserang Hama Tikus

Kepala Dinas Pertanian tanaman Pangan dan Holtikultura Abdullah Fanani,

 

Bangkalan, maduranewsmedia.com– saat ini sawah petani di lima kecamatan di kabupten bangkalan terserang hama tikus. Munculnya hama tikus tersebut akibat adanya hujan terus menerus yang terjadi dikabupaten Bangkalan. “Paska hujan terus menerus ini banyak hama penyakit dan sekarang yang terpantau hama tikus,” kata Kepala Dinas Pertanian tanaman Pangan dan Holtikultura Bangkalan, Abdullah Fanani, Kamis (23/2/2017).

Dikatakan Abdullah Fanani, lima kecamatan yang saat ini terserang ham timus itu adalah kecamatan Kwanyar, Blega, Tragah dan kecamatan Kokop. “Kami sudah melakukan gerakan pengendalian hama tikus dengan umpan pestisida dan gobrokan aau mengejar tikus bersama-sama, dan itu sudah kami lakukan dua bulan lalu,” jelasnya.

Dijelaskan Abdullah Fanani, selam hama timus ham lainnya yang muncul akibat hujan berkepanjangan adalah hama penggerek padi, ham ini terjadi dikecamatan Kamal. “Pengendaliannya sudah kami lakukan dengan memberikan pestisida,” katanya.

Meskipun ada hama tikus dan hama penggerek, hal itu tidak sampai menganggu terhadap produksi padi. “Produksi padi kita tetap aman amanpada  musim tanam pertama, dan sekrang telah memasuki musim ke kedua,”  pungkasnya. (hib/shb)