Mahasiswa KKN 37 UTM, Gelar Pelatihan Game Berbasis Android Proker IT Kepada Siswa SMKN-1 Arosbaya

mahasiswa saat menyampaikan materi pembuatan game

Bangkalan,maduranewsmedia.com– Mahasiswa KKN Mandiri kelompok 37 Universitas Trunojoyo Madura (UTM) yang melaksanakan KKN di Desa Tengket Kecamatan Arosbaya menggelar pelatihan pembuatan game berbasis Information and Technology yang memanfaatkan kecanggihan Android kepada siswa-siswi SMK Negeri 1 Arosbaya. Pelatihan game yang digelar Rabu (16/1/2019) berlangsung meriah dan para siswa mengikuti pelatihan tersebut dengan antusias.

Pelatihan pembuatan game itu diikuti oleh siswa- siswi SMKN-1 Arosbaya mulai dari kelas X- hingga kelas XII. Para siswa mengikuti pelatihan pembuatan game  dengan penuh semangat. Pelatihan pembuatan game tersebut menggunakan aplikasi android yang memanfaatkan handphone milik siswa..

Guru SMK Negeri 1 Arosbaya, Saiful Mahrus mengatakan, pelatihan pembuatan game ini mampu melatih siswa- siswi dalam mata pelajaran simulasi dan komunikasi digital. “Saya harap pelatihan seperti ini bisa dilanjutkan dengan inovasi lainnya,” kata Saiful Mahrus..

Pelatihan pembuatan game ini merupakan salah satu program kerja KKN kelompok 37 di Desa Tengket Kecamatan Arosbaya. Dalam pelaksanaanya, pelatihan pembuatan game ini  berdampak positif, terutama bagi siswa- siswi SMK Negeri 1 Arosbaya dan para guru.

Penanggung jawab program kerja pelatihan pembuatan game berbabasis android,  mengungkapkan, siswa- siswi sangat antusias dalam mengikuti kegiatan pembuatan game. Siswa- siswi mampu menyelesaikan projek pembuatan game sesuai dengan waktu yang ditentukan, bahkan beberapa siswa mampu menyelesaikannya dengan cepat.

Acara pembuatan game berbasis android diawali dengan pemaparan oleh pemateri kemudian dibentuk kelompok untuk dipilih kelompok yang terbaik. “Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan rasa kepercayaan diri bagi siswa- siswi dalam menunjukkan bakatnya melalui kreasi pembuatan game, juga untuk meningkatkan semangat kompetisi dan melatih kreatifitas siswa- siswi dalam  menginovasikan game- game yang sudah ada,” kata penanggung jawab program kerja..

Untuk pemenang lomba.  Mahasiswa KKN Mandiri kelompok 37 UTM menyediakan hadiah berupa alat tulis dan goody bag untuk juara 1, 2 dan 3.

pembuatan game berbasis android ini mendapatkan respon baik dari panitia LPPM yang mengungkapkan bahwa proker yang diadakan tidak monoton dalam olahan produk makanan melainkan berupa pelatihan bakat pelajar.

Harapan dari pihak sekolah, kegiatan ini bisa berkelanjutan sehingga mampu mengembangkan inovasi game yang lebih edukatif untuk pelajar di Indonesia.

Mahasiswa KKN Mandiri kelompok 37 Universitas Trunojoyo Madura (UTM) yang ikut dalam acara pembuatan game berbabasis android antara lain; Abyadl Amrullah, Iva Lailatul, Khasanah, Qori Agustin Nurhamidin, Adi Sucipto Jakfar, Badriatus Sholihah, Wahyu Asma Yusufin, Linda Khoiriyana, Darul Hikmah, Hanifiyah, Elis Setyawati, Atikotul Maulana, Abdul Khalim, Ahmad Rizal F, Nikmatul Janah, Murdika Setia Minsi. (Abyadl Amrullah)