Melihat Tradisi Warga Desa Langkap Menyambut Datangnya Bulan Suci Romadhan

salah seorang anggota Remas tengah mempercantik kuburan orang tuanya

salah seorang anggota Remas tengah mempercantik kuburan orang tuanya

Bangkalan, Maduranewsmedia.com- Banyak cara yang dilakukan oleh masyarakat di dalam menyambut datangnya bulan suci Romadhan. Seperti yang di lakukan oleh warga Desa Langkap kecamatan Burneh kabupaten Bangkalan, Madura Jawa Timur, dalam menyambut datangnya bulan suci Romadhan, warga di desa tersebut “Sar kosar Koburan” atau membersihkan kuburan umum secara bergotong royong. “Membersihkan kuburan atau Sar kosar ini kita lakukan untuk menyambut datangnya bulan suci Romadhan,” kata tokoh Pemuda kampung Pakoran, desa Langkap, Hakim, Sabtu (13/06/2015)

Dikatakan dia, membersihkan kuburan umum secara begotong royong ini sudah. Menjadi tradisi setiap menjelang bulan suci Romadhan. “Setiap tahun aktifitas seperti ini kami lakukan bersama para ahli waris yang orang tuanya di kubur di kuburan umum ini serta para remaja masjid,” jelas Hakim.

Lebih lanjut Hakim menjelaskan, setelah melakukan bersih-bersih kuburan, kemudian dilanjutkan dengan Hotmil Qur,an. “Biasanya setelah bersih-bersih kuburan dilanjutkan dengan hotmil qur,an dan tahlil bersama,” tuturnya.

Pada acara hotmil qur,an itu masyarakat disekitar kampung dan Para ahli waris memberikan suguhan makanan kepada para hafidz mereak juga membawa makanan lain untuk para undangan yang hadir dalam tahlil bersama. “Usai hotmil qur,an digelar pembacaan tahlil bersama, semua ahli waris hadi semua dalam acara tahlil bersama ini,” pungkas Hakim. (hib/shb)