HEADLINEKESEHATANPERISTIWAPOLITIK & PEMERINTAHANTERKINI

Memasuki Musim Hujan, Dinkes Bangkalan Minta Masyarakat Peduli Kesehatan Lingkungan

Kabid P2P, Walid Yusufi didampingi Sekretaris Dinkes Bangkalan Rasuli

 

Bangkalan.maduranewsmedia.com – Memasuki musim penghujan, penyakit menular kian mengancam kesehatan masyarakat. Beberapa penyakit tersebut adalah Diare, Malaria, Demam Berdarah dan lain-lain. Dinas Kesehatan (Dinkes)  kabupaten Bangkalan melakukan berbagai macam upaya antipasi, diantaranya  cara memberikan sosialisasi agar masyarakat semakin peduli terhadap kesehatan diri sendiri dan lingkungan sekitar..

Sekretaris Dinas Kesehatan Bangkalan, Rasuli mengungkapkan, perubahan cuaca ini dapat menyebabkan banyak jentik nyamuk dan lalat  berkembang biak, sehingga masyarakat yang tidak bisa menjaga diri sendiri dan lingkungannya gampang terkena penyakit “Kedua hewan ini adalah cikal-bakal penyakit menular datang, maka dari itu nanti kita adakan sosialisasi terutama pada anak-anak agar menerapkan hidup sehat dilengkapi dengan 3M yakni Menguras penampungan air seminggu sekali, mengubur kaleng-kaleng bekas dan menutup saluran atau penyimpanan air,” ujarnya. senin (11/11/2019)

dikatakan dia, pihaknya akan melakukan sosialisasi. “Nanti sosialisasi akan kami adakan disetiap puskesmas disetiap kecamatan, dan juru lapangan dari dinkes atau nanti kita turunkan Juru Pemantau Jentik (Jumantik) kita sosialisasikan cara menghindari perkembangbiakan nyamuk, lalu kita beri abate disetiap penampungan air atau nanti kita lakukan penyemprotan kerumah-rumah warga agar sarang nyamuk mati,” jelas  Rasuli.

Rasuli berharap langkah yang dilakukan Dinkes Bangkalan ini dapat mengurangi wabah penyakit berbahaya dimusim hujan,  dan masyarakat sadar akan pentingnga menjaga kebersihan lingkungan dan kesehatan diri masing-masing. Karena selain bantuan sosialisasi dari tim dinkes, masyarakat harus sadar betul akan kewajibannya. (ver/shb)