Memasuki Musim Kemarau,  Polres Gelar Latihan penanggulangan Bencana Kebakaran

petugas pemadam kebakaran saat memadamkan api dalam simulasi
petugas pemadam kebakaran saat memadamkan api dalam simulasi

Bangkalan, Maduranewsmedia.com– memasuki musim kemarau,  Polres Bangkalan menngelar simulasi penanggulangan kebakaran, dalam simulasi yang digelar di Gedung Olah Raga Sultan Abd Kadirun (Gor Saka) yang berada dijalan Halim Perdana Kusuma Bangkalan itu, gedung tersebuit seolah-olah terbakar, asap membubung tinggi di sekitar gedung tersebut. Petugas pemadam Kebakaran dari pemkab bangkalan dibantu Puluhan personel dari Shabara Polres Bangkalan berusaha memadamkan api agar tidak menjalar keapada bangunan yang lain. “Simulasi ini adalah gambaran jika betul-betul terjadi bencana kebakaran,” kata Kasat Shabara Polres Bangkalan, AKP Bidaruddin usai acara Simulasi penanggulangan Bencana kebakaran yang digelar di Gor Saka Bangkalan, Juma,at (03/06/2015).

Dikatakan dia, jika pada musim hujan lalu pihaknya telah menggelar simulasi penanganan bencana banjir, maka pada musim kemarau ini dilakukan simulasi penanganan bencana kebakaran. “Dengan pelatihan ini, kita tidak akan kesulitan jika nanti benar-benar terjadi kebakaran,” jelas Bidaruddin.

Lebih lanjut Bidaruddin menjelaskan, memang di kabupaten bangkalan tidak ada daerah yang rawan terjadi kebakaran, namun kebiasaan masyarakat yang membakar sampah dan rumput kering pada musim kemarau bisa menyebabkan terjadinya kebakaran. “Pada musim kemarau iniseringkali masyrakat membakar sampah seenaknya dan kadang ilalang yang jering dibakar,” katanya.

Padahal kata Bidaruddin, adanya asap pembakaran ilalang itu menganggu lalu lintas dan bisa menyebabkan kecelakakaan. “Pembakaran ilalang ini pengalaman pada musim kemarau tahun lalu dimana akibat asap dari pembakaran ilalang di jalan akses Suramadu ini membuat arus lalu lintas terganggu,”pungkasnya. (hib/shb)