HEADLINEHUKUM & KRIMINALPERISTIWAPOLITIK & PEMERINTAHANTERKINI

Mengganggu Arus Lalu Lintas Satpol PP Tertibkan PKL di Pertokoan Citra Logam Mulia

petugas Satpol PP saat melakukan penertiban
petugas Satpol PP saat melakukan penertiban

Pamekasan, maduranewsmedia.com– Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) pemkab Pamekasan, melakukan penertiban terhadap pedagang kaki lima (PKL) yang biasa mangkal di depan pertokoan Citra Logam Mulia (CLM). Penertiban itu dilakukan karena PKL di kawasan tersebut sudah melewati separuh akses jalan umum sehingga menganggu pengguna jalan.Penertiban PKL ini  di pimpin langsung oleh Kepala Satpol PP Pamekasan, Didik Hariyadi.

Kasatpol PP Pamekasan, Didik Hariyadi mengatakan, pihaknya sudah memberikan peringatan kepada puluhan PKL yang beroperasi di area CLM, dan akan mengangkut barang-barangnya jika tidak mengindahkan imbauan dan peringatan yang dikeluarkan satpol PP .“kondisinya sudah sangat parah, PKL itu sudah mengguanakan separuh akses jalan umum, jika itu dibiarkan, maka PKL disana akan semakin liar, makanya kami akan bubarkan paksa nanti jika peringatan tidak diindahkan,” kata  Didik Hariyandi, Kamis  (9/6/2016).

Dikatakan dia, Selama bulan ramadhan, Satpol PP berjanji akan meningkatkan pengewasan terhadap PKL. Hal itu dilakukan supaya tidak mengangu pengguna jalan. Apa lagi, selama bulan Ramadan ini di area CLM padat dengan pengunjung. “Intinya jika PKL itu masih bandel, kami akan bubarkan paksa nanti,” tandasnya.
Sikap tegas Satpol PP ini menuai kritikan pedas dari ketua komisi I DPRD Pamekasan Ismail. Menurutnya. Satpol PP tidak hanya satu atau dua kali menyampaikan akan membubarkan paksa PKL yang ada di area CLM. Tetapi kenyataanya, penegak perda itu hanya omong kosong. Sebab hingga sekarang Satpol PP belum pernah membubarkan PKL. “Janji Satpol PP untuk membubarkan PKL ini tidak hanya satu atau dua kali disampaikan ke publik, tetapi sudah berulang kali dan janji itu tidak pernah direalisasikan,” kata Ismail.

Politisi partai Demokrat ini menilai kinerja Satpol PP selama ini jauh dari harapan masyarakat, karena kinerjanya dalam menegakkan Perda di Pamekasan masih lemah. Menurutnya. Banyak persoalan di pamekasan belum tuntas. Misalnya. PKL, PSK, Rumah kos tak berizin dan lain sebagainya. “Masalah PKL ini sudah lama terjadi dan belum ada tindakan tegas dari Satpol PP. Bahkan Satpol PP menemani mereka jualan di area CLM,” tuturnya.

Islamil sendiri manaruh harapan besar kepada Satpol PP untuk segara bertindak tegas menertibkan PKL di area CLM karena PKL tersebut sudah menganggu kenyamnan pengguna jalan. “Kami harap satpol pp memliki langkah kongkrit untuk mangatasi masalah PKL ini dan segera menertibkannya,” pungkas Ismail  (rhm/shb)