Musim Kemarau BPBD Bangkalan Lakukan Rakor Tehnis

Kepala BPBD Bangkalan, Wahid Hidayat
Kepala BPBD Bangkalan, Wahid Hidayat

Bangkalan, Maduranewsmedia.com– Pada musim kemarau ini, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kabupaten Bangkalan telah melakukan rakor tehnis dengan dinas terkait. “Jadi sekarang ini ada perubahan paradikma, dari kekeringan ke Kemarau, kita tidak lagi menyebut kekeringan. Dan pada musim kemarauini kita telah melakukan rakor tehnis dengan dinas terkait,” kata Kepala BPBD Bangkalan, Wahid Hidayat, Jum,at (21/08/2015).

Dijelaskan dia pada musim kemarau ini pihaknya selalu mengantisipasi efek dari musim tersebut. “Efeknya musim kemarau ini adalah kebakaran hutan dan lahan, ini wewenangnya Dinas PU Cipta Karya,. kekeringan lahan pertanian, apakah lahan Petanian puso atau tidak ini wewenangnya Dinas Pertanian dan Peternakan, dan efek kemarau lainnya adalah  Kesulitan air bersih,” jelas Dayat panggilan akrabya Wahid Hidayat.

Lebih lanjut Dayat menjelaskan, kalau efek kemarau kesulitan air bersih, maka dalam hal ini masyarakat telah mempunyai kemampuan sendiri dalam mempertahankan dan mengkondisikan kebutuhan air bersih. “Masyarakat kit aitu sudah mempunyai survival mekanisem, artinya masyarakat mempunyai kemampuan sendiri dalam mempetahankan dan mengkondisikan kebutuhan air bersih,” katanya.

Oleh sebab itu kata Dayat, dalam musim kemarau ini, pihkanya menghimbau kepada masyarakat  untuk waspada ada apabila terjadi bencana, baik kebakaran atau bencana lainnya segera  melapor ke Kepala desa dan Camat. “Ya nanti pak camat langsung melaporkan ke pak Bupati, dan pak Bupati mengintruksikan ke BPBD, karena kita telah melakukan berbagai upaya diantaranya ; rakor tehnis dengan dinas terkait, pemetaan desa-desa  yang rawan air bersih dan  distribusi air,” pungkasnya. (hib/shb)