Nelayan Bangkalan Di Ikutkan Asuransi Nelayan

perahu nelayan 

Bangkalan,maduranewsmedia.com– Untuk memproteksi para nelayan, saat ini Dinas Perikanan kabupaten bangkalan mengikutkan nelayan asuransi. “Kalau ada nelayan kecelakaan di laut atau meninggal langsung memperoleh santunan,” kata Kabid Pemberdayaan Nelayan, Dinas Perikanan kabupaten Bangkalan, Khairul Rahman, Selasa (3/10/2017).

Dikatakan dia, nelayan di ikutkan asuransi ini adalah nelayan yang berusia produkutif yaitu usia 25 tahun hingga 45 tahun. “Untuk tahap awal nelayan bangkalan sekitar 7.975 nelayan dikutkan semua, karena pada tahap awal ini yang membayar iurannya negara,” jelas Khairul Rahman.

Dijelaskan dia, asuransi nelayan ini di mulai sejak tahun 2016, dan sampai saat ini asuransi nelayan terus berjalan. “Saat ini kartu nelayan Bangkalan banyak yang sudah mati,  jadi kalau ingin asuransinya terus berlanjut, maka nelayan harus memperbarui kartu nelayan yang mati itu dan kalau memperbarui kartu nelayan secara otomatis sudah terdaftar ssbagai peserta asuransi Nelayan,” terangnya..

Ditambahkan Khairul Rahman, pada tahun 2017 ini, ada 5 orang nelayan di kabupaten bangkalan yang telah memperoleh klaim asuransi sebesar Rp 160 juta. “Sudah ada 5 orang nelayan yang mengklaim asuransi nelayan. Ke-5 orang nelayan itu  dari Banyusangkah dan nelayan kwanyar. Uangnya  langsung diserah terimakan kepada rekeninh ahli waris masing-masing,” pungkasnya. (hib/shb)

iklan 100x100