Parah, Selama Tiga Tahun APBD Pamekasan Tidak Pernah Terealisasi Dengan Tuntas

Wakil Ketua DPRD Pamekasan, Suli Faris

Pamekasan, maduranewsmedia.com -Selama tiga tahun terakhir APBD Pamekasan tidak pernah terealisasi dengan tuntas. Menurut Wakil Ketua DPRD Pamekasan, Suli Faris,  sedikitnya ada tiga faktor yang menyebabkan tidak terealisasinya APBD dan hal itu selalu terulang.selasa (17/1/2017).

Menurutnya, penyebab utama anggaran tidak terealisasi adalah karena SKPD sebagai pengguna anggaran tidak memiliki perencanaan kegiatan yang matang. “Akibatnya, kegiatan yang semertinya bisa diselesaikan, harus menunggu tahun berikutnya untuk dilaksanakan. Seharusnya SKPD itu menyususn proses dengan target selesai sebelum ganti tahun anggaran,” kata Suli saat di temui di ruang kerjanya.selasa (17/1/2017).

Penyebab lainnya, lanjut Suli, SKPD tidak mempunyai kinerja yang bagus sehingga tidak cekatan dan cepat dalam menyelesaikan syarat administrasi suatu kegiatan, sehingga administrasinya baru selesai di pertangahan tahun dan tidak bisa dikerjakan karena waktu sudah mepet. “Terakhir, adalah karena tidak ada penekanan yang serius dari manajer semua SKPD, dalam hal ini bupati. Sehingga, bawahannya jadi santai saja dalam bekerja,” ungkapnya.

Untuk itu, pihaknya berharap realiasi anggaran bisa tuntas di tahun-tahun berikutnya, biar tidak terkesan “anggaran tidak terealiasasi” ini menjadi agenda rutin tahunan. “Bila saya hitung-hitung, sisa anggaran yang tidak terealisasi selama tiga tahun terakhir ini lebih dari 10 persen dari dana di APB kita,” pungkas Politisi PBB ini. (rhm/shb)

 

iklan 100x100