Pedoman Tehnis Belum Turun, Disdik Bangkalan Belum Bisa Tentukan sistem PPDB

Rismann Irianto

Bangkalan, Maduranewsmedia.com– Dinas Pendidikan kabupaten Bangkalan sampai saat ini belum bisa menentukan sistem Penerimaan Peserta Didik baru (PPDB) tahun 2015/2016. Hal itu disebabkan karena pendoman tehnis PPDB dari Disdik Propinsi belum turun. “Kita masih belum tahu apakah dalam PPDB nanti ini menggunakan memakai sistem yang alam atau sistem yang baru, karena sampai saatini pedoman tehnis PPDB dari Disdik Pemprop Jatim belum turun,” kata Kasie Kurikulum, SMP/SMA/SMK disdik bangkalan, Risman Iriyanto, Minggu (21/06/2015).

Dijelaskan dia, setelah ada perubahan penentuan kelulusan siswa, dimana Ujian Nasional (UN) sudah bukan lagi sebagai penentu kelulusan siswa, maka akan ada perubahan dalam pelaksanaan PPDB nanti. “Makanya kita belum tahu apa yang akan dijadikan patokan dalam PPDB, apakah nilai ujian sekolah atau Sertifikat Keterangan Hasil Ujian Nasional (SKHUN), masalah ini nanti yang akan dijelaskan dalam pedoman PPDB Disdik Jatim,” jelas Risman.

Lebihlanjut Risman menjelaskan, sebenarnya Disdik bangkalan juga mempunyai pedoman tehnis PPDB, namun pendoman tehnis PPDB tersebut disusun berdasarkan pendoman tehnis PPDB dari Disdik Propinsi Jatim. “Seharusnya Pedoman tehnis PPDB dari Disdik Pemrop Jatim itu sudah ada, kemungkinan karena ada perubahan penentuan kelulusan itu, maka pendoman PPDB itu harus dirombak terlebih dahulu,” tuturnya.

Namun kata Risman, Disdik kabupaten bangkalan telah melakukan berbagai persiapan terkait dengan PPDB antara lain menganalisa kebutuhan siswa. “Kalau untuk PPDB online kayaknya tidak memungkinankan, karena untuk online itu persiapannya membutuhkan waktu yang lama,” pungkas Risman. (hib/shb).