Pelaksanaan Asesmen Kompentensi Minimal Siswa Tingkat SMP Di Bangkalan Ditunda

Kabid SMP Dinas Pendidikan kabupaten Bangkalan, Jupri kora

Bangkalan,maduranewsmedia.com- Asesmen Kompentensi Minimal (AKM) Siswa tingkat SMP yang seharusnya digelar pada bulan Maret tahun 2021 ditunda pelaksanaanya nanti pada bulan September 2021. Padahal dinas pendidikan kabupaten Bangkalan telah melakukan pendataan terkait dengan persiapan pelaksanaan AKM (dulu UNBK Red). “Penundaan AKM ini dari pemerintah pusat,” kata Kabid SMP Dinas Pendidikan kabupaten Bangkalan, Jupri Kora, Senin (25/01/2021).   

Dikatakan dia, adanya penundaan pelaksanaan AKM ini berimbas terhadap pendataan siswa kelas VIII yang telah dilakukan. “Kalau pelaksanaan AKM bulan September nanti siswa yang kelas VIII  yang sudah kita data, kan  sudah naik kelas IX,” jelas Jupri sapaan akrabnya mantan Kacabdin UPT Tanah Merah ini.

oleh sebab itu kata dia, terkait dengan pendataan siswa peserta AKM ini pihkanya masih menunggu juknis lebih lanjut dari pemerintah pusat. “Kita masih nunggu informasi lebih lanjut, apakah siswa yang sudah didata akan didata lagi. sebab Peserta AKM  siswa kelas VIII  tahun pelajaran 2021/2022 atau peserta yang sekarang sudah didata,” terangnya.


Ditambahkan Jupri, AKM  ini merupakan tindak lanjut dari program merdeka belajar pemerintahan Presiden Jokowi, dan salah satu dari program itu adalah mengganti UNBK menjadi AKM. “Kalau UNBK itu kan masih semi online. melalui server. tapi kalau AKM ini langsung online,”  tuturnya.

Terkait dengan rencana pelaksanaan AKM ini apakah Sekolah tingkat SMP di kabupaten Bangkalan siap ? “Siap ngak siap, harus siap, sebab AKM  ini nanti untuk akreditasi sekolah,” pungkasnya. (hib/shb)