Pemilik lahan Nekat Tutup Jalan Kembar Ring Road Barat

kondisi Jalan Ring Road Barat saat ditutup oleh pemilik Lahan
kondisi Jalan Ring Road Barat saat ditutup oleh pemilik Lahan

Bangkalan, Maduranewsmedia.com– Karena belum diberi ganti rugi oleh pemkab Bangkalan, pemilik lahan H Yasin Marsely  menutup jalan kembar Ring Road Barat di Desa Bilaporah kecamatan Socah yangbaru satu tahun selesai dibangun. Dia nekat menutup jalan kembar itu dengan spanduk dan galian C jenis pedel. “Jalan ini saya tutup karena karena pemda belum membayar ganti rugi, katanya pemda sudah menitipkan uang konsiyasi ke pengadilan, tapi tenyata tidak menitipkan uang karena sampai sekarang belum ada pemberitahuan kepada saya selaku pemilik lahan,” kata Yasin Marsely, Selasa (23/06/2015).

Dikatakan dia, sampai saat ini belum ada kesepakatan antara dirinya dengan pemkab terkait ganti rugi lahannya yang terkena pembangunan jalan kembar Ring Road Barat itu. “Yang terkena pembangunan jalan ini berapa luasnya saya tidak tahu, begitu juga berapa ganti rugi yang akan diberikan kepada saya, karena belum ada kesepakatan sudah dibangun, makanya saya mohon kearifan dari pemkab bangkalan,” terangYasin Marsely.

Menanggapi adanya penutupan jalan kembar Ring Road Barat itu, Wakil Bupati Bangkalan, Mondir A Rofii mengatakan, adanya aksi yang dilakukan oleh pemilik lahan tersebut tidak perlu ditanggapi secara serius. “Lahan yang terkena pembangunan jalan kembar Ring Road Barat itu sudah dikonsinyasi ke Pengadilan, jadi ngak perlu untuk menanggapi masalah itu,” kata Mondir.

Dikatakan dia, dalam pembangunan jalan kembar Ring Road Barat itu, pemkab Bangkalan telah melakukan sesuai dengan prosedur yang ada. “Semua sudah sesuai dengan aturan, jadi aparat keamanan harus bergerak dalam menangani kasus penutupan jalan kembar oleh pemilik lahan itu,” tegas Mondir.

Terpisah Panitera/Sekretaris Pengadilan Negeri Bangkalan, Abdul Kadir mengatakan, pemkab Bangkalan telah menitip uang konsyinyasi ke Bank. “Uang konsinyansi ada di bank BRI dan uang itu sudah ada di bank sejak bulan Oktober tahun 2014, kalau pemilik lahan mau mengambil silahkan,” kata Abdul Kadir.

Lebih lanjut Abd Kadir menjelaskan untuk uang konsinyansi ganti rugi lahan pembanguna jalan kembar Ring Barat itu pemkab bangkalan telah menitipkan uang ke PN bangkalan sebesar Rp 2.059.302.999. “Uang yang ditipkan 2 Milyar lebih dan kalau pemilik lahan mau mengambil uang itu ya harus dengan membawa bukti, seperti serfikat kepemilikan dan dokumen lainnya,” pungkas Abd Kadir. (hib/shb).