Pemkab Bangkalan. Alokasikan Anggaran Rp 7,8 Milyar Untuk Pilkades Serentak Tahap Dua

Kepala Bappemas Bangkalan, Ismet Effendy
Kepala Bappemas Bangkalan, Ismet Effendy

Bangkalan, Maduranewsmedia.com- untuk pelaksanaan Pilkdesa serentak tahap dua, pemkab Bangkalan telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp 7,8 Milyar dari APBD tahun 2016. Dalam pelaksanaan Pilkades serentak tahap II ini rencananya akan ada 142 desa.  “Awalnya ada 134  desa yang berkhir masa jabatan Kadesnya hingga bulan Maret 2016, tapi ada 8 desa yang masa jabatan kadesnya berakhir hingga bulan April dan bulan  Agustus namun memaksakan diri untuk ikut dalam pilkades serentak tahap II, tapi yang 8 desa ini masih akan saya pertimbangkan,” kata Kepala Bappemas dan Pemdes kabupaten Bangkalan, Ismet Efendy, Senin (01/02/2016).

Dikatakan dia,  masalah waktu pelaksanaan  pilkades serentak tahap II ini kapan akan dilaksanakan, pihaknya masih belum bisa menentukan, karena masih ada beberapa peraturan yang akan direvisi. “Kami masih akan merevisi perbup no 6 tahun. 2015 tentang petunjuk pelaksanaan perda no 1 tahun 2015 tentang pedoman pemilihan pilkades,” terangnya.

Dijelaskan Ismet, untuk pembentukan Panatia pilkades di tingkat desa tidak ada masalah, karena didalam aturannya, 6 bulan sebelum habis masa jabatannya kepala desa, maka BPD di desa yang bersangkutan bisa membentuk panitia pilkades. “Kalau untuk tahapannya memang harus menunggu setelah panitia kabupaten terbentuk, kalau hanya untuk membentuk panitia pilkades tidak ada masalah,” pungkasnya. (hib/shb)