HEADLINEPERISTIWAPOLITIK & PEMERINTAHANTERKINI

Pemkab Bangkalan Terima Bantuan Benih Padi Untuk 10 Ribu Hektar

bantuan benih (ilustrasi)

Bangkalan,maduranewsmedia.com– pemkab bangkalan, melalui Dinas tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan kabupaten Bangkalan menerima bantuan benih untuk 10 ribu hektar sawah, bantuan tersebut sudah didistribusikan kepada petani melalui kelompok tani. Bantuan bibit padi ini sudah kita distribusikan,” kata Kepala Dinas Pertanian Tanaman pangan, Holtikultura dan  perkebunan kabupaten Bangkalan, A Fanani melalui Kabid Tanaman Pangan,  Geger Heri Susianto, Senin (16/10/2017).

Dikatakan dia bantuan bibit jnis Chiherang itu di distribusikan langsung kepada titik bantuan. “Bantuan benih ini dari pemerintah pusat untuk musim tanam pertama pada bulan Oktober atau awal Nopember,” jelas Geger panngilan akrabnya.

Dijelaskan Geger, pada musim tanam tahun ini ada dua jenis bantuan yang diberikan kepada petani melalui kelompok tani. Dua jenis bantuan itu adalah bantuan langsung dan bantuan subsidi. “Kalau bantuan langsung petani tidak usah membayar, namun kalau bantuan subsidi petani diwajibkan membeli benih 2500/kilo,” terangnya.

Dinas tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan kabupaten Bangkalan mengharapkan dengan adanya bantuan benih ini, hasil produksi padi petani meningkat dan cita-cita pemerintah agar Indonesia menjadi swasembada pangan tercapai. “Harapn pemerintah pusat tahun 2017 dan tahun 2018 kita sewasembada pangan untuk padi,” pungkasnya. (hib/shb)