HEADLINEKESEHATANPERISTIWAPOLITIK & PEMERINTAHANTERKINI

Pemkab Bangkalan Tetap Adakan Penyembelihan Hewan Qurban Pada Lebaran Idul Adha Nanti

Kabag Kesra Setkab Bangkalan, Moh Hosun S.Pd, MM

Bangkalan,maduranesmedia.com- Pada Lebaran Idul Adha 1442 H/ 2021 M, Pemkab Bangkalan tetap akan melaksanakan penyembelihan hewan qurban seperti  lebaran Idul Adha pada tahun tahun sebelumnya. “Kita tetap akan mengadakan penyembelihan hewan qurban pada lebaran Idyl Adha nanti,” kata Kabag Kesra Setkab Bangkalan, Moh Hosun S.Pd, MM, Jum,at (16/07/2021).

Penegasan tersebut disampaikan untuk menepis adanya rumor yang beredar di masyrakat jika Pemkab Bangkalan meniadakan penyembelihan hewan qurban karena PPKM Darurat covid-19. “Saat ini kita tengah mengumpulkan hewan qurban dari pak Bupati dan dari masyarakat,” jelas Hosun.

Hewan qurban pemkab bangkalan ini kata Hosun akan didistribusikan kepada lembaga-lembaga pondok pesantren. “Seperti tahu tahun sebelumnya hewan qurban milikpemkab ini kita distribuikan kepada  masyarakar dan  pondok pesantren< terangnya.

Berapa jumlah hewan qurban yang akan didistribusikan pada lebaran Idul Adha nanti ? Hosun bisa memastikan berapa jumlahnya. “Ya kita belum tahu ada berpa jumlahnya, namun jika mengacu pada lebaran Idul Adha tahun lalu ada 21 ekor sapi, kalau jumlah kambingnya saya lupa,” tuturnya.

Yang jelas kata Hosun, dalam penyembelihan hewan qurban di masa pandemi Covid-19 ini diwajibkan mengikuiti Tata cara penyembelihan qurban sesuai dengan SE Kemenag RI no. 17 tahun 2021 tentang petunjuk tehnis pelaksanaan qurban tahun 1442 H/2021 M di wilayah PPKM darurat. “Dalam SE ini sudah dijelaskan tata cara penyembelhannya, termasuk petugas penyembelih-nya menjaga jarak dan memakai masker dan dalam pendistribusiannya juga diatur dalam SE Kemenang ini,” pungkanya. (min/shb)