Pengelola Bank Sampah Lavender Sulap Koran Bekas Jadi Kerajinan Tangan

para peserta saat praktek membuat kerajinan tangan dari koran bekas

Bangkalan,maduranesmedia.com- Koran bekas ditangan pengelola Bank Sampah Lavender ternyata bisa mempunyai nilai ekonomis yang tinggi, komunitas masyarakat peduli lingungan di Kelurahan Kemayoran kecamatan kota kabupaten Bangkalan ini mengumpulkan koran koran bekas dari masyarakat, kemudian koran bekas tersebut dijadikan kerajinan tangan seperti topi, pot bunga, tempat tisu dan kerajinan tangan lainnya.

Terobosan yang dilakukan oleh Bank Sampah Lavender dalam pengelolaan sampah tersebut membuat Dinas Lingkungan Hidup kabupaten Bangkalan menggarahkan peserta Sosialisasi pengelolaan sampah 3 R (Reuse, Reduce dan Recyle ) melalui Bank sampah kepada Pengelola Bank sampah, Petugas Kelurahan dan Ketua PKK se kabupaten untuk melakukan praktek lapangan di bank Sampah Lavender tersebut.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Ishak Sudibyo melalui Kabid Pengelolaan Sampah dan Limbah B3, Imam Safri, Praktek lapangan kepada peserta sosialisasi pengelolaan Sampan 3 R itu agar para pengelola bank sampah memahami bagaimana cara pengelolaan sampah yang baik dan benar. “Jadi Sampah rumah tangga ini harus dikelola untuk mengurangi pengangkutan Sampah ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA),” kata Imam Syafri, Sabtu (01/12/2018)

Karena kata dia, tujuan dari kegiatan sosialisasi ini, untuk memberikan gambaran pola dan sistem pengelolaan sampah atau sampah rumah tangga sesuai ketentuan bagi masyarakat di kabupaten Bangkalan, meningkatkan pemahaman dalam melakukan pengelolaan sampah atau sampah rumah tangga yang dihasilkan, meminimalisir terjadinya dampak negatif yang ditimbulkan dari hasil kegiatan rumah tangga, peningkatan pengetahuan dan keterampilan dalam pengelolaan sampah atau sampah rumah tangga. “Jika dikelola dengan benar sampah ini mempunyai nilai ekonomis, dan Bank sampah menampung Sampah dari masyarakat, baik organik maupun un organik,” pungkasnya. (hib/shb)