Penuhi Permintaan Ikan Lele Yang Terus Meningkat, Dinas Perikanan Bangkalan Grojok Bantuan Indukan Lele Kepada Pokdakan

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Bangkalan, Mohammad Zaini saat menyerahkan sertifikat bantuan indukan Lele kepada Pokdakan

Bangkalan,maduranewsmedia.com- Untuk memenuhi kebutuhan ikan Lele, Dinas Perikanan kabupaten bangkalan memberikan bantuan indukan ikan lele kepada 12 kelompok pembudidaya ikan  (Pokdakan) yang tersebar di 6 kecamatan. “Tujuan dari pemberian bantuan indukan Lele ini untuk memenuhi kebutuhan permintaan ikan Lele di kabupaten Bangkalan yang terus meningkat, Kebutuhan lele saat ini dalam 1 bulan 20 ton,” kata Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Bangkalan, Mohammad Zaini, Jum,at (09/10/2020).

Dikatakan dia, Bantuan. jumlah bantuan indukan ikan lele yang diberikan kepada Pokdakan itu sebanyak 300 indukan jantan dan 600 indukan Lele betina. Bantuan idukan ikan Lele ini kami berikan  kepada 12 kelompok pembudidaya ikan lele yang tersebar di 6 kecamatan,” jelas Zaini sapaan akrabnya Kadis Perikanan kabupaten Bangkalan ini.  

Dijelaskan Zaini, ke-12 Pokdakan yang menerima bantuan indukan Lele  itu diantaranya Pokdakan di kecamatan Bangkalan, kecamatan Kamal, Labang, Galis, Kwanyar, dan kecamatan Tragah. “Masing-masing Pokdakan kita betri indukan 25 ekor indukan jantan dan 50 ekor indukan betina,” terangnya.


Dengan bantuan indukan ikan lele ini kata Zaini, diharapakan Pokdakan bisa memperbanyak bibit Lele dan ketergantungan ke balai Benih ikan (BBI)  berkurang. “Dengan bantuan Indukan ini, beban BBI berkurang,” tuturnya.

Kepala dinas Perikanan kabupaten Bangkalan ini mengharapkan, dengan adanya bantuan indukan ikan Lele ini, nantinya bisa memenuhi kebutuhan serta permintaan ikan Lele di kabupaten Bangkalan. “Kami  berharap bantuan indukan ini bisa mengatasi permintaan kebutuhan ikan Lele serta bibit ikan lele yang sangat besar di Bangkalan,” pungkasnya. (hib/shb)