HEADLINEKESEHATANPERISTIWAPOLITIK & PEMERINTAHANTERKINI

Peran Serta Masyarakat Rendah Progam Vaksinasi Covid-19 Di Kabupaten Bangkalan Belum Capai 50 Persen

Bangkalan,maduranewsmedia.com- Sampai saat ini program vaksinasi Covid-19 di kabupaten Bangkalan belum mencapai 50 persen. padahal berbagai upaya telah dilakukan oleh Dinas Kesehatan kabupaten  Bangkalan untuk mengenjot prosentase vaksinasi Covid-19 agar kekebalan komunal cepat terbentuk. “Sebenarnya tidak ada kesulitan, namun peran serta masyarakat kita masih rendah,” kata Kepala Dinas Kesehatan kabupaten Bangkalan, H Sudiyo, Sabtu (04/12/2021).    

Untuk meningkatkan angka prosentase vaksinasi Covid-19 ini, Dinas Kesehatan telah melakukan berbagai upaya antara lain, sosialisasi, vaksinasi jemput bola dengan cara dor to dor serta menerjunkan mobil vaksin keliling. “Kalau dari kita semuanya tidak ada masalah, kita tenaga siap,  vaksin juga siap, semuanya untuk  tempur kita siap, dari Urkes siap, Kodim,  dari Lanal Batuporon, nakes kita juga semua sudah siap,” jelas Yoyok sapaan akrabnya Kadinkes Bangkalan ini.  

Dari berbagai upaya yang dilakukan Dinkes Bangkalan untuk mencapai target vaksinasi seperti yang ditargetkan oleh pemerintah pusat ternyata masih belum tercapai. “Prosentase vaksinasi kita baru 41,69 persen menuju ke 50 persen, akhir tahun ini mudah mudahan tercapai,” terangnya.

Ada beberapa kecamatan di kabupaten Bangkalan yang prosentase vaksinasi Covid-19 masih kecil. daerah itu antara lain kecamatan Konang, kokop dan kecamatan Geger. “Yang prosentase-nya masih kecil itu daerah daerah yang terisolir, namun kita akan terus berupaya untuk mengenjot vaksinasi  di daerah daerah itu,” katanya.  

Salah seorang warga kecamatan Konang Abd Muin yang sehari hari bekerja sebagai petani mengaku  tidak perlu vaksin covid-19.. “Saya sudah tua pak, dan ngak mau pergi kemana mana, kerja saya hanya ke sawah untuk apa disuntik itu (Divaksin Red),” pungkas Abd Muin. (min/shb)