Perbakin Bangkalan Mulai Jaring Potensi Calon-Calon Atlet Menembak Dari Klub

Anngota Klub BSC saat latihan menembak

Bangkalan,maduranewsmedia.com- Pengurus Kabupaten Persatuan Menembak Indonesia (Pengkab Perbakin) Bangkalan mulai melakukan penjaringa potensi calon-calon atlet menembak dari klub – klub yang menjadi binaan-nya. “Latihan menembak senapan angin tersebut adalah untuk menjaring potensi calon-calon atlet menembak dari klub – klub yang menjadi binaan Pengkab Perbakin Bangkalan,” kata . Ketua Pengkab Perbakin Bangkalan, Joko Supriyono, SH, MM disela-sela acara latihan bersama Bangkalan Shooting Club (BSC)  di lapangan tembak Kodim 0829, jalan Pertahanan, Kelurahan Bancaran, Bangkalan, Sabtu (12/09/2020)

Dikatakan dia, Latiah menembak bersama itu di gelar layaknya Perlombaan. “Agar semangat, latihan bersama kali ini dibuat seakan-akan lomba atau kompetisi. Agar dari klub BSC ini muncul atlet menembak yang siap tatkala ada event atau lomba yang sebenarnya,” jelas Joko sapaan akrabnya Ketua Pengkab Perbakin Bangkalan yang  juga Inspektur  Inspektorat Kabupaten Bangkalan ini.

Dijelaskan Joko, sebenarnya, latihan menembak Pengkab Perbakin Bangkalan dilaksanakan setiap Sabtu sore, namun karena kali ini bernuansa lomba, maka latihan hari ini dilaksanakan mulai pagi hari dengan tetap mengedepankan protokol Kesehatan. “Kita biasa latihan setiap hari Sabtu sore, Dipusatkan di lapangan tembak milik Kodim ini. Baik Air Rifle atau senapan angin maupun airsoftgun untuk tembak reaksi. Karena kita latihan masih dalam situasi pandemi, maka prosedur penerapan protokol Kesehatan tetap kita utamakan,” terangnya..

Ketua Pengkab Perbakin Bangkalan mengajak agar masyarakat Bangkalan yang memiliki minat dalam olahraga menembak agar bergabung dan berlatih bersama, “Silahkan datang dan bergabung untuk belajar tata cara, aturan serta berlatih setiap Sabtu sore, sudah ada 5 (lima) klub dibawah naungan Pengkab Perbakin Bangkalan sesuai dengan jenis dan cabang dari olahraga menembak ini. Latihan yang intensif dan terarah akan menghasilkan prestasi yang dapat mengharumkan nama Bangkalan,” tuturnya

Sementara itu, Ketua Bangkalan Shooting Club (BSC), Andrias Satria Pradana, SE, S.AP menjelaskan, kegiatan latihan menembak senapan angin tersebut merupakan kegiatan rutin dalam upayanya untuk menyiapkan anggota klubnya menghadapi event-event kejuaraan maupun kompetisi menembak yang akan digelar baik di tingkat Kabupaten, Provinsi maupun Nasional nantinya.

“Latihan ini untuk menyiapkan teman-teman saat ada lomba, kompetisi atau event menembak. Selain untuk mengasah kemampuan atau skill menembak, agar semangat dalam berlatih, maka kita adakan latihan dengan nuansa dan suasana seakan-akan lomba. Pesertanya cuma anggota klub kami saja, gak ada peserta dari luar,” kata  Andre, sapaan akrabnya Ketua BSC ini.

Ditambahkan Andre, untuk sementara baru dua jenis yang dilatih. yaitu Speed Benchrest dan multi Range. “Untuk Speed Benchrest sendiri mengambil jarak 40 meter, 60 meter dan 75 meter, sedangkan untuk multi Range mengambil jarak 18 meter, 27 meter, 33 meter dan 41 meter,” pungkasnya.

Latihan bersama klub BSC tersebut diikuti oleh sekitar 80 orang peserta yang mayoritas menggunakan senapan angin (air rifle) berjenis PCP. Para peserta latihan merupakan anggota klub BSC sendiri ditambah beberapa pengurus Perbakin Bangkalan yang ikut serta dalam latihan menembak bersama tersebut. (hib/shb).