Percepat Penanganan Pelayanan Kesehatan, Dinkes Bangkalan Buka Layanan Digital PSC-119

Sekdakab Bangkalan, Taufan Zairinsyah meninjau posko Call Center PSC 119

Bangkalan,maduranewsmedia.com- Untuk mempercepat penanganan dan pertolongan pada korban yang membutuhkan penanganan segera, Dinas kesehatan kabupaten Bangkalan membuka layanan sistem aplikasi Publik safety Center (PSC) 119. “PSC 119 ini bentuk pelayanan di era digitalisasi yang perlu dilakukan pemkab Bangkalan,” kata Sekretaris daerah kabupaten Bangkalan, Taufan Zairinsyah disela-sela acara pembukaan Call canter 119 di kantor Dinkes Bangkalan, Rabu (16/12/2020).

Dikatakan dia, dibukanya PSC 119 ini untuk memberikan pelayanan yang cepat dan prima kepada masyarakat. “Ini adalah proses pelayanan prima agar kecepatan dalam penanganan, khususnya di Bidang kesehatan tercover, yang selama ini kita manual, masih telpon-telponan, kesana ke mari, sekarang sudah  ada call centernya di dinas kesehatan yang sudah terkoneksi ke puskesmas-puskesmas,” jelas Taufan sapaan akrabnya Sekdakab Bangkalan ini,

Sementara itu, Kadinkes Bangkalan, H Sudiyo Untuk tenaga medis yang betugas pad PSC 119 sudh dilatih. “semua fasienkes sudah kita latih, Fasienkes dari puskesmas dua-dua, dari rumah sakit umum dan RS lukas juga ada. jadi  semua sudah ada petugas medisnya dan sudah terlatih,” terang Yoyok sapaan akrabnya Kadinkes Bangkalan ini.

Dijelaskan Yoyok, untuk pelayanan PSC 119, pihaknya sudah menyiapkan 28 mobil ambulance. “Total mobil ambulance-nya ada 28 mobil,  setiap ambulance 1 supir 1 koordinator UGD,dan mobil-mobil  abulance itu sudah stanby di semua fasiekes dan di kantor Dinas Kesehatan sendiri,” tuturnya.

Ditambahkan Yoyok untuk tempat PSC 119 Call centernya saat masih menempati salah saturunag di kanot dinas kesehatan kabupaten Bangkalan. “nanti kita akan membangun, gedung PSC 119 tersendiri, ini sifatnya sementara masih posko, namun tahun depan tahun 2021  akan dibangun gedung senilai Rp ! milyar untuk menunjang pelayan,” ujarnya.


Untuk rencana pembangunan gedung Call center PSC 119 kata Yoyok akan dibangun di kawasan kantor Dinas Kesehatan bangkalan. “Kemungkinan nanti akan dibangun di ujung timur  ujung paling timur,  masih akan kita carikan lokasi yang pas, pembangunan gedung ini  paket termasuk aplikasi-nya juga dan ada ambulance  senila Rp 800 juta untuk mendukung kegiatan operasional-nya,” katanya.

PSC 119 ini sudah mulai dibuka dan sudah bisa melayani masyarakat “Mulai saat sudah buka  selama 24 jam,  termasuk petugas kita siapkan juga serta jaringannya, agar pelayanan kepada masyarakat lebih mudah dan lebih maksimal,” tegasnya. Sementara itu Ketua Komisi D DPRD Bangkalan, H Nurhasan memberikan apresiasinya atasi dibukanya PSC 119 di dinas Kesehatan kabupaten Bangkalan ini. (hib/shb)