HEADLINEKESEHATANPERISTIWAPOLITIK & PEMERINTAHANTERKINI

Peringati Hari Lingkungan, Anggota Kodim 0826/ Pamekasan Lakukan Aksi Cabut Paku Di Pohon

 

Anggota Kodim 0826/ Pamekasan
Anggota Kodim 0826/ Pamekasan

Pamekasan, maduranewsmedia.com– Puluhan anggota TNI dari Komando Distrik Militer (Kodim) 0826 Pamekasan, Jumat (10/6/2016) melakukan operasi cabut paku di sejumlah pohon yang berada di jalan protokol di Pamekasan. Paku-paku yang menancap di pohon disepanjang Jalan Jokotole, Trunojoyo, Agus Salim, Jingga, Stadion, Slamet Readi, Dipenogoro dan Jalan Kabupaten.

Komandan Kodim 0826/Pamekasan, Letkol Armed Mawardi menuturkan, kegiatan itu sebagai bentuk kekecewaan TNI atas oknum masyarakat yang sengaja menancapkan paku di pohon karena kepentingan pribadi ataupun perusahaan.

Seharusnya kata Mawardi, pohon harus dilindungi dan dirawat dengan baik, bukan justru disakiti dengan cara menancapkan paku. “Ada cara lain jika punya kepentingan memasang reklame di pohon tanpa harus memakunya. Misalnya cukup diikat dengan tali,” terang Mawardi.

Dijelaskan Mawardi, keberadaan satu pohon yang sudah tumbuh, sangat penting untuk kesehatan lingkungan dan kesehatan manusia. Apalagi di Pamekasan yang daerahnya sangat panas. Ditambah lagi dengan pemanasan global yang terus meningkat akibat perusakan lingkungan.  “Mari kita jaga pohon yang sudah ada ini. Meskipun  satu paku yang menancap, bisa merusak pohon dalam waktu jangka panjang,” ajaknya.

Paku-paku yang sudah dikumpulkan, akan diserahkan kepada Pemerintah Kabupaten Pamekasan, sebagai laporan aksi nyata kepedulian TNI terhadap kesehatan lingkungan. Dengan harapan, Pemkab Pamekasan juga bisa melakukan hal yang sama. (rhm/shb)