Peringati HPSN, Polres Bangkalan Gelar Aksi Bersih-Bersih Pantai Pelabuhan Kamal

Kapolres Bangkalan saat bersih-bersih dipantai Pelabuhan Kamal

 

Bangkalan,maduranewsmedia.com- Pelabuhan Kamal dipilih sebagai tempat kegiatan bersih-bersih pantai dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) oleh jajaran Polres Bangkalan. Mereka yang terlibat dalam aksi bersih-bersih pantai itu antara lain; anggota Polres Bangkalan, anggota Kodim 0829/Bangkalan, anggota Dalanal Batuporron, anggota Bhayangkari dan Dinas Lingkungan Hidup kabupaten Bangkalan serta para siswa, SMA,SMK dan SMP di kecamatan Kamal.  Tak sampai 1 jam, para peserta kegiatan bersih-bersih pantai tersebut berhasil mengumpulkan 4 ton sampah yang dipungut di sekitar pantai pelabuhan Kamal.

Kapolres Bangkalan, AKBP Boby Pa’ludin Tambunan, menjelaskan, aksi bersih-bersih pantai ini digelar dalam rangka memperingati hari Peduli Sampah Nasional, yang setiap tahun diperingati pada tanggal 21 Pebruari, “Peringatan hari peduli sampah Nasional ini berawal dari tragedi longsornya tempat pembuangan sampah akhir di Cimahi pada tahun 2005 yang menelan banyak korban,” kata Boby panggilan akrabnya Kapolres Bangkalan disela-sela acara bersih-bersih pantai, Kamis (21/02/2019).

Dikatakan dia, kegiatan bersih-bersih sampah dalam rangka HPSN ini digelar untuk mengungah masyarakat agar supaya peduli terhadap sampah, disiplin membuang sampah pada tempatnya, dan  mengurangi konsumsi benda-benda yang menjadi sampah yang sulit terurai. “Kita berharap masyarakt juga bisa ,membuat ide-ide kreatif, bagaimana bisa mengelola sampah menjadi sesuatu  hal yang benilai ekonomis,” terangnya.

Dijelaskan Boby, kegiatan bersih-bersih pantai ini di fokuskan di pelabuhan Kamal, karena sampah di pelabuhan tersebut banyak sekali ketika air laut surut, “Kenapa kita pilih pelabuhan kamal ini, karena kita melihat disekitar pelabuhan kamal ini sangat kotor dan  banyak sekali sampah yang diproduksi oleh masyarakat, jadi sapah dinpelabuhan Kamal ini bukan hanya dari penumpang jasa penyeberangan saja tapi sampahnyang diproduksi oleh masyarakat di sekitar  pantai banyak sekali,” tuturnya.

Oleh sebab itu kata Boby, dalam kegiatan bersih bersih pantai ini pihaknya mengharpakan kesadaran masyrakat yang tinggal disekitar pantai pelabuhan Kamal untuk tidak membuang sampah sembarangan atau tidak membuang sampah ke pantai. “Kita berharap kesadaran masyarakat untuk membuang sampah pada tempatnya, Peduli dan menjaga kebersihan serta tidak membuang sampah sembarangan,” pungkasnya. (hib/shb)  .