Perkuat Kelembagaan, Anggota Poktan dan Gapoktan Diberi Pelatihan

anggota Poktan saat diberi pelatihan

 

Bangkalan,maduranewsmedia.com– Untuk memperkuat kelembagaan Kelompok Tani, Dinas Pertanian, Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan  kabupaten Bangkalan memerikan pelatihan kepada 162 orang anggota Poktan dan Gapoktan  se kabupaten Bangkalan. “Kegiatan Pelatihan peningkatan kelembagaan Poktan/Gapoktan ini untuk membekali pengurus Poktan dan Gapoktan,” kata Kabid Sarana dan Prasana Dinas Pertanian, Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan  kabupaten Bangkalan, Moh Ismail, Rabu (12/9/2018).

Dikatakan dia, dalam Kegiatan Pelatihan peningkatan kelembagaan Poktan/Gapoktan ini  para anggota Poktan dan Gapoktan diberi Informasi dan pengetahuan baru, serta cara cara meningkatkan kapasitas dan menguatkan kelopok tani dari sisi kelembagaan. “Ya intinya peningkatan SDM anggota Poktan dan gapoktan,” jelasnya.

Dijelaskan dia, di dalam kelembagaan kelompok tani itu ada struktur dan ada keanggotaan, maka dari itu SDM pengurus dari Poktan ini harus ditingkatkan. “Jadi nanti kelompok mereka harus mempunya agenda kerja, buku agenda, buku, buku kegiatan dan mereka harus bisa menyusun rencana kerja, jadi pelatihan ini sifatnya keorganisasian,” terang Ismail.

Selain pengetahuan tentang keorganisasian kata Ismail, para peserta juga akan diberi pengetahuan tentang tehnis pertanian seperti tehnis pemberian pupuk organik. “Jadi dalam pelatihan ini tidak hanya soal pengetahuan keorganisasian saja tapi juga tehnis pertanian,” katanhya.

Ditambahkan Ismail, dengan diberi pelatihan ini diharapakan, adanya organisasi Poktan/Gapoktan di kabupaten Bangkalan akan semakin baik. “Jumlah pesertanya itu setiap kecamatan kita mengundang 3 poktan dengan 3 orang pengurusnya,” pungkas Ismail. (hib/shb)

 

iklan 100x100