HEADLINEPENDIDIKANPERISTIWATERKINI

Pertamina EP Resmikan CSR Pendidikan Di SDN I Lembung Paseser Kecamatan Sepulu Bangkalan

Kadisdik Bangkalan, Bambang Budi Mustika saat menyerahkan bantuan komputer

Bangkalan,maduranewsmedia.com – Senyum merekah terpancar dari raut wajah siswa-siswi SDN I Lembung Paseser Kecamatan Sepulu Kabupaten Bangkalan di sela-sela peresmian CSR Pendidikan Pertamina Kepala SDN 1 Lembung Paseser, Homzah mengaku haru dengan bantuan dari Pertamina EP Asset 4 Field Poleng. Pasalnya, sudah lama sekali gedung sekolah itu tidak diperbaiki. “Kondisi sekolah kami rusak, terakhir direnovasi di tahun 2005. Pertamina sudah banyak membantu kami sejak 2019. Terima kasih, Pertamina telah peduli sekolah kami,” kata Homzah, .  Kamis (10/9/2020). 

Sementara itu, Siswa Kelas 3 SDN I Lembung Paseser, Syifa nampak antusias melihat tumpukan buku yang tertata rapi di ruang Pojok Baca. “Saya senang bisa belajar keragaman hayati melalui buku-buku ini. Sekolah kami juga nampak lebih bagus,” ujar Syifa singkat..

Sedangkan, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bangkalan, Dr Bambang Budi Mustika, M.pdi mengapresiasi bantuan-bantuan yang diberikan Pertamina EP ke SDN I Lembung Paseser. “Ini sangat tepat guna. Komputer-komputer itu bisa dijadikan server, buku-buku juga bisa menjadi media pembelajaran,” jelas Bambang sapaan akrabnya Kadisdik Bangkalan ini.

Ia menyadari keluatan APBD Kabupaten Bangkalan saat ini belum mampu memberikan fasilitas pendidikan hingga ke pelosok. “Terus terang saja, belum merata. Memang tiap tahun ada program DAK (Dana Alokasi Khusus), tapi terbatas,” terangnya..

Poleng Field Manager Rachmad Dwi Laksono mengungkapkan, peresmian Renovasi Gedung SDN I Lembung Paseser, Pojok Baca, dan Laboratorium Komputer merupakan bagian dari rangkaian HUT Ke-15 PT Pertamina EP yang jatuh pada 13 September 2020. “Ini sebuah bentuk komitmen kami untuk meningkatkan mutu pendidikan bagi anak-anak Desa Lembung Paseser,” ungkap Rachmad.

Ia menjelaskan, pembuatan Pojok Baca tersebut merupakan bagian dari CSR PT Pertamina EP di bidang pendidikan. “Kami peduli dengan pengembangan karakter dan pendidikan anak sebagai generasi penerus bangsa,” jelasnya.

Rachmad berharap, keberadaan Pojok Baca nantinya mampu meningkatkan minat baca siswa SDN I Lembung Paseser yang berada di lingkungan Perusahaan Cerdas Bersama Pertamina. “Dengan begitu, mampu menambah wawasan dan ilmu pengetahuan umum anak-anak,” imbuhnya.

Sejak 2019, Pertamina EP melaksanakan program Mangrove Sister School. Siswa SDN I Lembung Paseser diberikan nilai-nilai edukasi terhadap materi restorasi mangrove dan pemeliharaan terhadap ekosistem di wilayah pesisir.  “Desa Lembung Paseser Memiliki potensi sumber daya alam pesisir yang lengkap. Keragaman hayati ini perlu dijaga,” pungkas Rachmad.(hib/shb)