Pilkades Serentak di Bangkalan Berjalan Sukses

Bupati Bangkalan, RK Muhammad Makmun Ibnu Fuad saat meninjau pilkades serentak

Bupati Bangkalan, RK Muhammad Makmun Ibnu Fuad saat meninjau pilkades serentak

Bangkalan, Maduranewsmedia.com- Pelaksanaan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak yang diikuti 112 desa berjalan lancar dan kondusif. Masyarakat sangat antusias mengikuti Pilkades dari awal sampai rekapitulasi suara berjalan. Lebih dari 245 ribu lebih jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang mempunyai hak pilih di 18 kecamatan. Suksesnya Pelaksanaan Pilkades secara serentak tak lepas dari perhatian Bupati Bangkalan, RK Muhammad Makmun Ibnu Fuad, sehingga proses Pilkades ini menjadi sejarah baru di Bangkalan. Tak lupa, pihak legislatif yang menjadi mitra dalam berkoordinasi untuk mensukseskan pelaksanaan pilkades sehingga bisa digelar tepat waktu sesuai jadwal yang telah ditentukan sebelumnya.

Rincian jumlah DPT yang tengah memilih di 18 kecamatan kurang lebihnya 18.305 orang di kecamatan Burneh dengan 6 desa yang menggelar pilkades. Selain itu, 8.743 jumlah di kecamatan Kota Bangkalan. Secara runtun DPT per kecamatan, 18.047 di Kamal, 14.589 di Klampis, 22.253 di Socah, 27.654 di Tanah Merah, 24.086 di Labang, 17.055 di Modung, 8.695 di Modung, 7.681 di Kokop, 23.230 di Galis, 9.705 di Blega, 11.591 di Sepulu, 10.923 di Kwanyar, 9.789 di Geger, 970 di Arosbaya, 7.968 di Tragah, 4.382 di Tanjung Bumi.

“Seluruhnya, lebih dari 245 ribu pemilih. Pemilihan kepala desa serentak ini dibantu kepolisian, TNI, dan Satpol PP dalam pengawasan serta monitoringnya, sehingga berjalan lancar. Ini juga berkat perhatian bupati,” kata Kepala Bapemas dan Pemdes Bangkalan, Ismed Efendi, saat memantau jalannya Pilkades, Senin (15/6/2015).

Persiapan pilkades ini sudah dilakukan sejak lama yang mengacu pada Undang-undang Nomor 6 tahun 2014, permendagri nomor 112 tahun 2014 dan Perda Nomor 1 tahun 2015, serta Perbup Nomor 6 tahun 2015 tentang desa. Meskipun, mekanisme sebelum pelaksanaannya banyak menyita waktu, karena pilkades serentak merupakan hal baru di Bangkalan.

Sementara itu, Bupati Bangkalan, Makmun Ibnu Fuad akan terus memantau proses Pilkades dari awal sampai selesai. Dirinya juga menyampaikan terima kasih kepada kepolisian, TNI dan Satpol PP yang bertugas melakukan keamanan. Tanpa dukungan semua pihak, Pilkades tidak akan berjalan lancar.

“Secara keseluruhan, pelaksanaan Pilkades berjalan aman dan lancar. Namun kita terus melakukan pemantauan dan mendeteksi segala kemungkinan yang terjadi terutama menyangkut Kamtibmas. Termasuk, soal logistik seperti surat suara dan segala sesuatunya tidak ada masalah,” jelasnya.

Terkait partisipasi masyarakat terlihat di beberapa tempat pemungutan suara antusias masyarakat cukup tinggi. Begitu juga informasi dari para camat yang senantiasa memantau seluruh aktifitas pemilihan di wilayahnya masing-masing mengatakan bahwa pastisipasi masyarakat dalam memilih pemimpin di desanya cukup tinggi. “Alhamdulillah berjalan aman dan lancar, dan partisipasi masyarakat dalam mensukseskan pelaksanaan Pilkades ini juga cukup tinggi,”ujarnya.

Untuk itu, dirinya mengimbau seluruh warganya agar usai Pilkades ini persatuan dan kekompakan tetap terjaga. Bagi calon terpilih, bupati minta untuk merangkul semua pihak, tidak ada lagi kubu-kubuan, dan kepada masyarakat juga kita imbau untuk mendukung bersama-sama kades terpilih, agar pembangunan dapat berjalan lancar. “Kades yang kalah tetap bersatu dalam mendukung program kades terpilih. Sebab, kalah menang soal biasa, karena dalam kontes pemilihan ada pemenang. Bagi yang kalah harus tetap lapang dada dan berjiwa besar. Kades terpilih diharapkan bisa mengajak seluruh warga bersatu untuk berdiskusi dan bermusyarah dalam membangun desa dan meningkatkan kesejahteraan warganya ke depan,” harapnya. (hib/shb)