Pimpinan Parpol Dan Caleg, Sambut Antusias Deklarasi Pemilu 2019, Rukun, Aman Dan Damai

Anggota Forpimda dan penyelenggara Pemilu saat melepaskan Balon ke udara

Bangkalan,maduranewsmedia.com– Pimpinan 15 Partai Politik peserta pemilu dan Calon Legislatif di kabupaten Bangkalan menyambut  dengan antusias acara  Deklarasi Pemilu 2019, rukun, aman dan Damai yang di gelar Bawaslu kabupaten Bangkalan. “Alhamdulillah Pelaksanaan Deklarasi berjalan dengan lancar dan sukses,” kata Ketua Bawaslu kabupaten Bangkalan, Achmad Mustain Saleh disela-sela acara Senam awas  “kalah terhormat menang bermartabat” Deklarasi Pemilu 2019, rukun, aman dan Damai di Bangkalan, di halaman Stadion Gelora Bangkalan (SGB), Ahad (21/9/2018).

Dikatakan dia, pihaknya menggelar acara deklarasi itu setelah KPU Bangkalan melakukan panetapan Daftar Calon Tetap (DCT) dan hari pertama pelaksanaan kampanye pemilu 2019. “Ini kan hari pertama kampanye, kita (Bawaslu red) dengan penyeleggara yang lain yaitu KPU adn Polres menggelar deklarasi Pemilu damai, kita di bangkalan memakai tagline, rukun aman dan damai,” jelas Mustain panggilan akrabnya Ketua Bawaslu kabupaten Bangkalan ini.

Dijelaskan Mustain Saleh, Karena waktu pelaksanaan kampanye pemilu 2019 ini sangat panjang sekali, maka pihaknya sengaja dalam pelaksanaan deklarasi pemilu rukun, aman dan damai diisi dengan senam bersama masyarakat dan olah raga sepak bola. Kita sengaja memilih olah raga yang memasyarakat, biar teman-teman Caleg menyiapkan jasmaninya untuk menjalani kampanye hingga 13 April 2019 nanti,” terangnya.

Ditambahkan Mustain, dengan konsep olah raga bersama masyarakat, caleg dan ;pimpinan parpol ini untuk menyamankan presepsi pemilu di kabupaten bangkalan aman, rukun dan damai,”Kita sengaja konsep dengan senam bersama masyarakat, dan kita ajak, para caleg, pimpinan parpol main sepak bola bersama Forpimda,  untuk menyamakan presepsi dan  sepakat bahwa pemilu 2019 rukun aman dan damai,” tutirnya.

 

Ketua Bawaslu kabupten Bangklan, Achmad Mustain Saleh saat mengikuti senam awas

Setelah pelaksanaan deklarasi pemilu damai kata Mustain, Bawaslu kabupaten Bangkalan akan melakukan pengawasan ;pelaksanaan kampanye. “Kita akan mengawasi kampanye, kampanye sangat berat, karena banyak caleg yang belum memahami aturan atruannya, kita meminta bahkan sudah menekan KPU agar segera melakukan sosialisi kampanye itu, karena aturannya beda, ada unsur citra, citra sangat multitafsir dan sangat beragam, kalau caleg atau parpol mencintrakan dirinya sudah masuk ranah kampanye. aturan sekarang beda, dengan pemilu 2014, jalau dlu  harus ada unsur kumulatif, visi misi, ada ajakan ada gambar ada indentitas, sekarang tidak seperti itu  tidak berlaku,” katanya.

Sementara itu Kapolres Bangkalan, AKBP Boby Pa’ludin Tambunan meminta kepada para caleg dan pimpinan Parpol untuk tetap menjaga kondisi agar tetap aman dan kondusif. “Agas supaya pelaksanaan kampanye dalam pemilu 2019 ini aman, jangan menyebarkan berita-berita fitnah atau berita hoax,” pungkasnya.

Acara Senam awas  “kalah terhormat menang bermartabat” Deklarasi Pemilu 2019, rukun, aman dan Damai di Bangkalan ditandai  dengan pelepasan balon yang digantuni parpol peserta permilu 2019 dan sepak bola antara caleg dan pimpinan parpol melawan anggota Forpimda dan KPU dan Bawaslu.(adv/shb).

iklan 100x100