HEADLINEPERISTIWAPOLITIK & PEMERINTAHANTERKINI

PKL Di SGB Semakin Menjamur  

 

Tampak PKL SGB yang semakin menjamur
Tampak PKL SGB yang semakin menjamur

Bangkalan, Maduranewsmedia.com–  Pedagang Kaki Lima (PKL) yang berjualan di depan  Stadion Gelora Bangkalan (SGB) terus menjamur. Semakin banyaknya PKL yang berjualan di tempat tersebut membuat SGB tanpak semakin kumuh. Semetara Satuan Polisi Pamong Praja (Satol PP) kabupaten Bangkalan tidak bisa melakukan penertiban karena masih belum ada payung hukumnya. “Untuk melakukan penertiban kami tidak bisa karena belum ad regulasi yang mengatur PKL berjualan di SGB itu,” kata Kasatpol PP Bangkalan, Moch fachri, Minggu (31/01/2016).

Dikatakan dia, Satpol PP pernah melakukan peneriban PKL di SGB tersebut, namun setelah petugas satpol PP menertibkan PKL ternyata di SGB itu ada Paguyuban PKL yang ditunjuk oleh Disborabudpar. “Memang pengelolaan SGB itu kan menjadi wewenang Disporabudpar, dan Disporadbudpar telah menunjuk koordinator PKL SGB, petugas kami ngak jadi menertibkan PKL di situ,” terangnya.

Dijelaskan Moch Fachri, apabila ada payung hukum yang mengaturnya baik itu peraturan Bupati atau Perda, maka pihaknya akan bertindak tegas untuk melakukan penertiban PKL SGB. “Misalnya diatur PKL boleh berjulan di SGB mulai jam berapa hingga jam berapa ? kalau aturannya jelas kami berani untuk melangkah, nah sekarang aturan yang mengautur PKL SGB itu belum ada,” jelasnya.

Lebih lanjut Fachri menjelaskan, PKL yang berjualan di SGB itu adalah PKL yang direklokasi dari alun-alun yang saat ini dbangun Taman Paseban, bahkan para PKL itu sebenarnya telah telah di beri tempat berjualan yaitu untuk disebeklah diber tempat di sebelah timurnya Pumara yang ada di kawasan SGB itu, sedangkan di sebelah selatan diberi tempat hingga di belakangnya sekolah Madrasah Aliyah Negeri (MAN) yang juga masih dikawasan SGB juga. “Saya ngak tahu juga kenapa mereka sekarang banyak yang berjualan di depan SGB,” katanya.

Kasatpol PP Bangkalan menyatakan, pihkanya masih akan melakukan koordinasi dengan asisten tata Pemerintahan, Disoprabudpar dan Disperindag untuk melakukan penertiban PKL yang berjulan di depan SGB. “Kira-kira jumlah PKL yang direlokasi adri Alun-alun ini sekitar 30 PKL, nah PKL-PKL ini akan kita tertibkan lagi,” pungkasnya.(hib/shb)