HEADLINEPERISTIWAPOLITIK & PEMERINTAHANTERKINI

Poktan Krida Tani II Jaddih Dapat Bantuan Mesin Kultivator

 

Ketua Poktan Krida Tani II saat menerima bantuan

Bangkalan,maduranewsmedia.com- Kelompok Tani (Poktan) Krida Tani II, Desa Jaddih, Kecamatan Socah kabupaten Bangkalan bisa tersenyum lebar, pasalnya, poktan yang senpat vakun tersebut kembali bersemangat setelah Dinas Pertanian, Tanaman Pangan, Holtikultura, dan Perkebunan Kabupaten Bangkalan memberikan bantuan mesin kultivator.  “Sekarang anggota kami kembali bersemangat, karena sebelumnya  sempat vakum,” kata  Pengawas Poktan, Ruba’i usai serah terima mesin kultivator di kediaman Ketua Poktan Krida II, Dofir. Selasa (18/7/2017).

Dia, berjanji akan mengawal dan memantau perkembangan bantuan yang diberikan kepada Poktan Krida Tani II ini  “Jika mesin itu ada yang menjual, saya yang akan menyerahkan diri ke polisi. Rugi jikan mesin ini tidak dimanfaatkan secara maksimal,” terangnya.

Kepala Dinas Pertanian, Tanaman Pangan, Holtikultura, dan Perkebunan Kabupaten Bangkalan Abdullah Fanani, menjelaskan,  dengan lahan tanam padi aktif seluas 40 hektare, produksi padi Desa Jaddih bisa mencapai 200 ton per panen. “Dengan alat itu, bisa membantu dalam meningkatkan produksi padi Kabupaten Bangkalan,” jelasnya

Dijelaskan dia,  tahun ini pihaknya menyediakan bantuan empat mesin kultivator yang akan diberikan kepada poktan. Salah satunya Poktan Krida Tani II Dusun Jaddin Selatan. “Alat ini bisa juga dimanfaatkan untuk  suburkan tanah, khususnya tanah pekarang yang kurang dimanfaarkan. Seperti tegalan untuk tanaman cabe dan lainnya,” jelasnya.

Ditambahkan dia, pemberian mesin kultivator itu merupakan usulan melalui musrembang tahun lalu tingkat kecamatan. “Ini merupakan pilot project. Jika bisa berkembang, kami akan kembangkan terus dengan bantuan peralatan tani lainnya,” pungkasnya

Selain dihadiri sedikitnya 40 anggota poktan, penyerahan mesin kultivator juga dihadiri Kapolsek Socah AKP Sumono, pejabat Dinas Pertanian, Tanaman Pangan, Holtikultura, dan Perkebunan Kabupaten Bangkalan, dan perwakilan dari Koramil Socah. (hib/shb)