Produksi Garam Pugar Bangkalan Lebihi Target

hasil produksi garam Pugar Bangkalan

Bangkalan,maduranewsmedia.com– Produksi garam Pemberdayaan Usaha Garam Rakyat (Pugar) di kabupaten Bangkalan pada musim kemarau tahun ini melebihi target.  “Alhamdulillah cuaca pada musim kemarau tahun ini cukup bagus sehingga produksi garam kita melebihi target,” kata Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Bangkalan Rasyid melalui Kasi Kesehatan Ikan, Edy Wiyono, Kamis (18/10/2018).

Dikatakan dia, target produksi garam Pugar kabupaten Bangkalan pada tahun 2018 ini 4.500 ton, sedangkan hasil produksi garam per bulan September 2018 sudah mencapai 5.384.50 ton. “Padahal waktu produksi garam itu berakhir hingga akhir bulan Oktober nanti, jadi saat ini Pugar masih tetap memproduksi,” jelas Edy panggilan akrabnya Edy Wiyono.

Dijelaskan dia, ribuan ton garam tersebut merupakan hasil produksi Pugar di 9 desa yang tersebar di 5  kecamatan di kabupaten Bangkalan. ke 9 desa itu yang memproduksi garam itu antara lain;  desa Gili Barat kecamatan Kamal, desa Pesangrahan kecamatan Kwanyar, Desa Moarah,Tolbuk dan Ko,ol kecamatan Klampis, desa Maneron dan Labbuan kecamatan Sepuluh serta Desa Tlangoh dan Bumi Anyar kecamatan Tanjung Bumi. ”Pugar yang ada di 9 Desa yang tersebar di 5 kecamatan itu sejak bulan Juli sudah memproduksi garam,” terang Edy.

Ditambahkan Edy, luas lahan untuk memproduksi garam tersebut 178,7 Hektar yang tersebar di 5 kecamatan. “dari 9 desa yang memproduksi Garam, paling luas lahan garam berada di desa Labbuan kecamatan Sepuluh seluas 35 Ha dan di desa Tlangoh kecamatan Tanjung bumi 30 Ha,” tutur Edy.

Pada tahun 2017 lalu kata Edy, Pugar di kabupaten bangkalan tidak mencapai target, itu disebabkan karena terlalu tinggi target produksi garam pada tahun tersebut. “Pada tahun 2017 itu targetnya 13 ribu ton, sementara hasil produksinya hanya 4.170 ton,” katanya.

Oleh sebab itu kata Edy, agar kejadian pada tahun 2017 tidak terulang pada tahun 2018 ini, maka pihaknya menurunkan target tersebut. “Pada tahun 2018 ini targetnya tidak terlalu tinggi, makanya saya pasang target hanya 4.500 ton dan alhamdulilah Pugar kita bisa melebihi target,” pungkasnya. (hib/shb).

iklan 100x100