Program Peduli Lingkungan Bersih Polres Bangkalan Berhasil Kumpulkan 4,5 Ton Sampah Dari Sungai Bandaran

Kapolres bangkalan AKBP Rama Samtama Putra bersama Perwira Polres Bangkalan saat bersih-bersih sungai Bandaran

Bangkalan.maduranewsmedia.com– Sebanyak 150 orang anggota Polres Bangkalan melakukan aksi bersih-bersih sungai Bandaran di kampung Lebak kelurahan Pangeranan kecamatan kota kabupaten Bangkalan. Dalam  aksi bersih bersih di sepanjang sungai Bandaran itu, ratusan Personel Polres bangkalan dibantu dsri petugas Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dan masyarakat berhasil mengumpulkan 4,5 Ton sampah.  “Bersih-bersih sungai Bandaran ini merupakan Program Polres Bangkalan Peduli Lingkungan Bersih,” kata Kapolres Bangkalan, AKBP Rama Samtama Putra saat memimpin aksi bersih-bersih sungai Bandaran, Sabtu (02/11/2019).

Dikatakan Dia, dari 4,5 ton sampahyang dikumpulkan dari sungai Bandaran itu,  kebanyakan dari sampah yang dikumpulkan ini adalah sampah rumah tangga. “Saat ini kondisi sekitar sungai Bandaran ini sudah mulai bersih dan kami berharap kesadaran masyarakat yang tinggal di kawasan  sungai agar bisa menjaga kebersihan lingkungan sekitar sungai Bandaran ini,”  jelas Rama panggilan akrabnya Kapolres Bangkalan ini.

Dijelaskan, Rama, kegiatan bersih-bersih sungai Bandaran ini dimulai pukul 06:30 wib sampai dengan pukul 08:30  wib. “Personil yang kita terjun dalam kegiatan bersih-bersih ini dari polres 150 orang personerl,  dari Dinas Lingkungan Hidup 30 orang dan 168 orang Kepala Keluarga yang merupakan warga sekitar sungai Bandaran  ikut terjun dalam kegiatan bersih-bersih sungai ini,” terangnya.

Kapolres Bangkalan mengharapkan agar supaya warga di kelurahan Pangeranan ini bisa terus menjaga kebersihan sungai Bandaran ini. “Barangkali pada musim paceklik ikan, siapa tahu sungai Bandaran ini bisa dijadikan tempat wisata dan  perahu-perahu milik nelayan bandaran bisa disewakan, dan pada akhirnya  bisa menarik wisatawan,” katanya.

Sementara itu Kepala Dinas Lingkungan Hidup kabupaten Bangkalan, Hadari menjelaskan, untuk kebersihan sungai Bandaran itu merupakan kewenangan Provinsi. “Kami sama seperti pak Kapolres Bangkalan juga menghimbau agara masyarakat sekitar sungai menjaga kebersihan sungai,” kata Hadari.

Dikatakan Hadari, untuk menjaga lingkungan ini  ada 3 peran yaitu peran pemerintah, peran tindakan, dan peran masyarakat. Agar kita selalu mengingat bahwa peran kebersihan ini sangat penting dalam menjaga kebersihan lingkungan,” pungkasnya. (ver/shb).