PT Semen Indonesia Bekali Pelajar SMKN-1 Rembang Tentang Industri Semen

 

Rembang,Maduranewsmedia.com – Terinspirasi dari Gerakan Indonesia Mengajar, dalam rangka Hari Pendidikan Nasional, PT Semen Indonesia (Persero) Tbk  menyelenggarakan kegiatan Semen Indonesia Mengajar. Acara ini berlangsung di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Rembang, Jawa Tengah. Sebenarnya, PT Semen Indonesia telah beberapa  kali mengadakan kegiatan dengan konsep mengajar di sekolah. Nah, Pada kesempatan ini, Direktur Utama, PT Semen Indonesia, Suparni menjadi pengajar dadakan di hadapan 200 siswa SMKN 1 Rembang. Materi pelajaran yang disampaikan Suparni tak jauh-jauh dari dunia semen, yaitu proses produksi semen yang ramah lingkungan. “Kegiatan ini merupakan terobosan kami untuk membekali calon-calon tenaga terampil dari SMK tentang industri semen dan peran pentingnya bagi bangsa dan negara,” kata Suparni, Rabu (06/05/2015).

Menurut Suparni, kegiatan semacam ini adalah ajang sharing atau berbagi pengetahuan dan pengalaman. Alumni Sekolah Teknik Mesin 1 Madiun ini mengatakan, generasi muda yang masih dalam proses pendidikan harus mendapat perhatian utama. “Generasi muda harus kita siapkan dalam menghadapi persaingan,” terang Suparni.

Proses belajar dan mengajar spesial ini di SMKN 1 Rembang tersebut berlangsung selama satu jam. Dengan lancar, Suparni yang baru menjabat posisi Dirut sejak Januari lalu ini menyampaikan materi  tentang tahapan pembuatan semen mulai dari proses penambangan hingga pengepakan dan siap jual.

Para siswa SMKN-1 Rembang sangat antusias terhadap materi yang disampaikan oleh Suparni, hal itu terlihat banyak siswa yang bertanya siswa. Tampak sejumlah siswa mengacungkan tangan untuk bertanya secara langsung kepada Suparni. Menyikapi antusiasme siswa, Suparni mengapresiasi rasa keingintahuan pelajar SMKN 1 Rembang yang sangat tinggi.

Sementara itu, Wakil Kepala Sekolah SMKN 1 Rembang, Amri Sofwan menyambut baik kepedulian PT SI terhadap dunia pendidikan dengan mau ikut turun mengajar di sekolah. Dunia usaha dan pendidikan sudah seharusnya menjalin hubungan dengan baik. “Kami berharap lulusan SMKN 1 Rembang bisa berpartisipasi dalam pembangunan nasional bersama Semen Indonesia,” kata Amri.

Saah seorang siswa kelas 3 SMKN-1 Rembang, Gilang Ramadhan, mengaku senang dengan adanya acara Semen Indonesia Mengajar di sekolahnya. Dia mendapat wawasan baru tentang proses dan pengelolaan pabrik semen secara lengkap. “Kehadiran Semen Indonesia di sini saya harap bisa memajukan Rembang dan generasi mudanya bisa terlibat di dalamnya,” kata Gilang.

Kegiatan Semen Indonesia Mengajar di SMKN 1 Rembang ini mengusung tema “Bersama Semen Indonesia Cerdaskan Negeri.” Suparni memastikan acara seperti ini akan dilakukan rutin setiap tahun. Dia berharap acara seperti ini bisa melibatkan lebih banyak sekolah di kabupaten Rembang untuk memberi informasi, memotivasi, dan menggali Sumber Daya Manusia yang siap bekerja.(hib/shb)

 

iklan 100x100