Puluhan Calon Anggota Panwascam Terpilih Jalani Tes Bebas Narkoba

 

calon anggota panwascam bangkalan menunjukkan urine untuk dites

Bangkalan,maduranewsmedia.com– Sebanyak 54 orang calon anggota Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) terpilih menjalani tes bebas narkoba di RSUD Syamrabu kabupaten Bangkalan. Setiap anggota Panwascam  terpilih langsung menyerahkan urine kepada petugas di lab lantai II Rumah sakit tersebut. “Setelah melalui seleksi adimistrasi, tes tertulis dan tes wawancara, ada satu tahapan lagi yang harus dilalui oleh anggota panwascam terpilih mereka harus menyerahkan surat keterangan bebas narkoba dari rumah sakit daerah atau lembaga yang berwenenang,” kata Ketua Panwaskab Bangkalan, Achmad Mustain Saleh, Jum,at (27/10/2017).

Dikatakan dia, tes urine bagi calon anggota panwascam terpilih ini dilakukan setelah mereka dimnyatakan lulus dari serangkaian tes yang telah dilakukan oleh panwaskab bangkalan. “Sesuai dengan pedoman Bawaslu RI, sebelum dilantik menjadi anggota panwascam, mereka harus dites urine dulu,” jelas Mustain panggilan akrabnya Ketua Panwaskab Bangkalan ini.

Dijelaskan dia, dilaksanakannya tes urine bagi calon anggota panwascam terpilih ini, selain untuk menciptakan penyelengara pemilu yang berintegritas, juga untuk mendukung program pemerintah Indonesia bebas narkoba. “Hasil tes anggota apnawascam inibaru nanti hari senin kita ketahui,” terangnya.

Ditambahkan Mustain, jika nanti dari hasiltes ada calon anggota panwascam yang positif narkoba, maka pihaknya tidak segan-segan untuk menggati calon anggota panwascam tersebut. “Kalau ada calon anggota yang positif, secara otomatis gagal dan akan kita ganti dengan nama yang dibawahnya,” tuturnya.

Dalam masalah tes bebas narokba ini kata Mustain, pihaknya tidak akan main-main dengan hasil tes yang telah dilakukan oleh RSUD Syamrabu bangkalan ini. “Memang tidak ad aaturan baku yang harus teroragnisir dan harus di RSUD Syamrabu ini, namun kami Panwaskab Bnagkalan telah MoU dengan RSUD ini,” katanya.

Dalam masalah bebas narkoba dan telah dilakukan tes urine terhadap calaon anggota Panwascam ini, pihaknya akan menghormati hasil tes yang dilakukan RSUD Bangkalan.”Yang jelas  sebelum dilantik kami sudah menerim hasil tes urine ini,” pungkasnya. (hib/shb)

iklan 100x100