Puluhan Desa Alami Kering Kritis, Pemkab Bangkalan Bantu Air Bersih

Bupati bangkalan saat memberangkatkan pendistibusian air bersih

Bangkalan,maduranewsmedia.com- Saat ini ada sekitar 30 desa  yang tersebar di 12 kecamatan di kabupaten Bangkalan mengalami kering kritis. Untuk meringankan beban masyarakat di 30 desa tersebut, pemkab bangakalan  memberikan bantuan air bersih. “Bantuan air bersih ini sebai bentuk perhatian pemkab bangkalan kepada masyarakat yang terdampak kekeringan,” kata Bupati Bangkalan, RK Muhammad Makmun Ibnu Fuad, saat menyerahkan bantuan air bersih, Senin (11/9/2017).

Dikatakan dia, selain 30 desa yang mengalami kering kritis, adan 79 desa yang berpotensi terdampak kekeringan. “Ada beberpa kecamatan yang telah melaporkan adanya desa yang terdampak kekeringan, makanya kita distribusikan bantuan air bersih ini,” terangnya.

Bupati bangkalan yang akrab disapa Ra Momon ini meminta kepada semua Organisasi Perangkat Dearah (OPD) untuk mendukung pendistribusian air bersih kepada desa yang terdampak kekeringan. “Saya minta OPD terkait dan OPD lainnya mealkukan semaksimal mungkin dalam pemberian bantuan air bersih ini,” katanya.

Sementara itu Kepala BPBD Bangkalan Rizal Morris menjelaskan, saat ini status tanggap darurat statusnya di rubah menjadi siaga darurat. “Ya setelah kita mendsitribusikan bantuan ini status dari tanggap darurat dirubah menjadi  siaga darurat,” terangnya.

Dijelaskan Rizal Morris, 6 tangki air bersih ini didistribusikan ke kecamatan Kokop dan selanjutnya pendistribusian air bersih akan dilakukan ke kecamatan kecamatan lain yang terdampak kekeringan. “Hari pertama ini, air bersih  kita distribusikan ke kecamatan Kokop,  untuk jadwal pengrimannya mulai besok, hari kedua ke kecamatan Konang, Klampis, dan kecamatan Tragah, kemudian ke kecamatan-kecamtanlain yang terdampak kekeringan,” pungkasnya.(hib/shb)

iklan 100x100