HEADLINEPERISTIWATERKINI

Puluhan Rumah Di Dua Kelurahan Di Kecamatan Bangkalan Diterjang Angin Puting Beliung

Bangkalan, maduranewsmedia.com- Sebanyak 49 rumah dan 3 tempat usaha di Kelurahan Pangeranan dan Kelurahan Demangan Kecamatan Bangkalan kota Kabupaten Bangkalan diterjang angin puting Beliung. akibat terjangan angin Puting Beliung itu, atap rumah warga banyak yang rusak, peristiwa tersebut terjadi  Senin (18/10/2021) sekitar pukul 11.30 WIB.

Kepala Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana (PUSDALOPS-PB) BPBD Kabupaten Bangkalan, Rizal Morris menjelaskan, peristiwa bencana angin puting Beliung itu diawali dengan hujan deras kemudian disusul angin puting Beliung sekitar pukul  11. 30 wib. “Diawali hujan deras kemudian disertai angin puting Beliung,” kata Rizal sapaan akrabnya Kepala Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana (PUSDALOPS-PB) BPBD Kabupaten Bangkalan ini.

Dikatakan Rizal akibat terjangan angin puting Beliung itu, 19 unit rumah rusak sedang serta 3 unit temat usaha juga rusak sedang, sementara di Kelurahan Demangan ada 19 unit rumah rusak sedang. “Alhamdulillah tidak ada korban jiwa dalam peristiwan ini,” terangnya.  

Dijelaskan Rizal  upaya yang dilakukan oleh  BPBD Bangkalan, Anggota Polres, Bhabinsa koramil Kecamatan Bangkalan, Lurah Demangan dan Lurah pangeranan mendatangi lokasi yang tertimpa bencana serta melakukan Pendataan awal kerusakan di lokasi terdampak. “Asesment tingkat kerusakan dan nilai kerusakan bangunan terdampak akan dilakukan sesuai dengan Ketentuan yang berlaku,” tuturnya.

Ditambahkan Rizal,  kondisi terkini TRC BPBD Bangkalan,  agen Bencana BPBD Provinsi Jatim, anggota koramil Kecamatan Bangkalan, anggota Polres Bangkalan, Lurah Pangeranan, Lurah Demangan dan staf Kecamatan Bangkalan. “Pembersihan  material bangunan terdampak oleh warga dan pemilik rumah,” pungkasnya. (min/shb)