Ratusan Koperasi di Bangkalan Terancam Dibubarkan

Kepala Dinas Koperasi dan UKM kabupaten Bangkalan, Abd Rasyid
Kepala Dinas Koperasi dan UKM kabupaten Bangkalan, Abd Rasyid

 

Bangkalan, Maduranewsmedia.com– Sebanyak 116 Koperasi di kabupaten Bangkalan, Madura, Jawa Timur terancam dibubarkan, hal itu disebabkan, karena ratusan Koperasi tersebut sudah tidak aktif dan hanya tinggal papan namanya saja. Untuk menertibkan koperasi yang sudah mati suri tersebut, dalam waktu dekat Dinas Koperasi dan UKM kabupaten Bangkalan  akan melakukan investigasi. “Jumlah Koperasi yang ada di bangkalan 666 koperasi namun yang aktif sekitar 500 koperasi, sisanya sekiatr 116 tidak  Aktif, makanya kita nanti akan melakukan investigasi,” kata Kepala Dinas Koperasi dan UKM kabupaten Bangkalan, Abd Rasyid, Kamis (11/06/2014).

Dijelaskan Abd Rasyid, setelah melakukan investigasi, selanjutnya  Dinas Koperasi dan UKM akan memberikan 2 opsi kepada koperasi yang hanya tinggal papan namanya saja. “Kita akan keluarkan 2 opsi, opsi pertama kita akan memberikan kesempatan kepada Koperasi yang bersangkutan untuk mengadakan Rapat Anggota Tahunan (RAT), opsi yang kedua, kalau memang ngak ada kegiatannya ya diusulkan untuk dibubarkan,” jelasnya.

Sebab kata Abd Rasyid, saat ini memang banyak koperasi yang sama sekali tidak mengadakan RAT dan wujud Koperasinya juga tidak ada. “Kalau wujudnya tidak ada, kan lebih baik dibubarkan, namun untuk Koperasi yang aktif kami akan terus memberikan pembinaan, dalam dalam waktu dekat semua pengurus Koperasi di kabupaten Bangkalan akan kami kumpulkan” pungkasnya. (hib/shb)