HEADLINEPERISTIWAPOLITIK & PEMERINTAHANTERKINI

Ratusan Pelamar CPNS Di Kabupaten Bangkalan Gugur Sebelum Tes

Sekretaris Badan Kepengawaian dan Pengembangan. sumber daya aparatur, Ari Murfianto

 

Bangkalan,maduranewsmedia.com– Sebanyak 378 orang pelamar calon Pegawai Negeri sipil (CPNS) di kabupaten Bangkalan gugur sebelum pelaksanaan tes. Ratusan CPNS tersebut gugur karena tidak lolos seleksi administrasi. “Jumlah pelamar CPNS 5.560 orang, namun yang lolos seleksi administrasi 5.182 orang,” kata Sekretaris Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Aparatur (BKPSDA)  kabupaten Bangkalan, Ari Murfianto, Selasa (28/01/2020).

Dikatakan dia, pada pengumuman awal, pelamar yang lolos seleksi administrasi 5.152 orang, namun dari mereka yang tidak lolos Administrasi itu melakukan sanggahan. “Ada 30 orang pelamar yang melakukan sanggahan setelah tidak lolos Administrasi. Setelah melakukan sanggahan, ke-30 orang itu dinyatakan lolos administrasi,” jelas Ari panggilan akrabnya Sekretaris BKPSDA Bangkalan ini.

Dijelaskan dia, CPNS yang telah lolos administrasi itu akan mengikuti tes yang akan dilaksanakan pada tanggal 18 Pebruari hingga tanggal 28 Pebruari. “Tes dilakukan selama 11 hari. Dalam 1 hari  maksimal 5 sesi masing-masing sesi 100 orang. Tes CPNS ini akan dilakukan di balai Diklat kabupaten Bangkalan,” terangnya.

Ditambahkan Ari, tes CPNS nanti materinya adalah seleksi kompetensi dasar (SKD) yang terdiri dari 4 item diantaranya; tes wawasan kebangsaan, tes intelegensia umum dan tes karakterikstik pribadi. “Untuk tes pertama materinya ya  SKD itu,” tuturnya.

Kepada pelamar CPNS yang telah lolos seleksi administrasi ini, BKPSDA mengharapkan agar selalu  mengikuti perkembanagan di website. “Supaya pelamar tidak ketinggalan informasi, ikuti perkembangan melalui Website,” katanya.

Selain itu, BKPSDA juga mengharapkan agar supaya para pelamar tidak mempercayai calo. “Ngak ada yang bisa dipercaya, jangan percaya bujuk rayu siapapun, percaya kepada diri dan berdo,a,” pungkasnya. (hib/shb).