HEADLINEPERISTIWAPOLITIK & PEMERINTAHANTERKINI

Rekruitmen CPNS, BKSDA Bangkalan Akan Prioritaskan THL

CPNS

 

Bangkalan,maduranewsmedia.com– Rencana Rekruitmen Aparatur Sipil Negara (ASN) ataun Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Aparatur (BKSDA) kabupaten Bangkalan akan memprioritaskan Tenaga Harian Lepas (THL). “Rekruitmen ASN, THL boleh ikut, bahkan dalam surat kami ke Kementerian PAN menginginkan THL di prioritaskan,” kata Kepala BKSDA Bangkalan Moh Ghufron melalui   Kabid Pengadaan, pemberhentian dan Informasi, Masyhudunnury, Ahad (13/5/2018).

Namun kata dia, apakah surat usulan dari BKSDA Kabupaten Bangkalan terkait rekruitmen ASN itu direspon atau tidak, hal itu merupakan kewenangan dari Kemengtrian-PAN. “Yang jelas usaha kita untuk memperjuangkan THL agar diprioritaskan dalam rekruitmen ASN ini sudah maksimal,” jelas Masyhud panggilan akrabnya Kabid Pengadaan, pemberhentian dan Informasi BKSD Bangkalan ini.

Dijelaskan Masyhud, dalam rekruitmen ASN ini, pihakanya menginginkan agar semua THL yang sudah puluhan tahun bekerja di pemkab bangkalan ini di prioritaskan. “Sejak aturan yang lama di hapus yaitu PP no 8, sudah tidak ada lagi katogori THL -1 dan THL K-2, makanya kita tidak membedakan THL, jadi semua THL supaya dim prioritaskan,” terangnya.

Namun kata dia, yang menjadi persoalan saat ini apakah dari Kementerian PAN ini mempersyaratkan umur sesuai dengan undang-undang yang mengamanatkan yaitu umur 35 tahun, masalah ini pihaknya akan melihat terlebih dahulu. “Masalah umur ini masih akan kita lihat dulu,” katanya.

Namun imbuh Masyhud, untukk masalah rekruitmen ASN ini, pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan BKN dan BKD propinsi. “Kemarin sudah dikoordinir oleh BKD Propinsi  dan sudah melakukan koordinasi dengan semua BKD kabupaten/kota dan sekarang tahapannya, sekitar 4 hari yang sudah dijakarta,” tuturnya.

Meskipun sampai saat ini surat resmi tentang Rekruitmen ASN ini belum ada, namun BKSDA telah meminta data ke Organisasi perangkat Daerah (O{PD). “Surat resmi dari BKN memang belum ada, namun  kita sudah usulkan formasi, usulan formasi awal kita 3.509 orang,” ujarnya.

Karena BKSDA memang ingin memrioritaskan THL dalam rekruitmen ASN ini, maka dalam surat yang dikirim oleh BKSDA ke OPD-OPD pihaknya  menambahkan agar memprioritaskan dari THL. “Kalau penentuan formasinya, sekarang sistemnya memakai pengisian jabatan fungsional kosong, dalam artian staf-staf di OPD-OPD yang kosong di data, dan data dari OPD itu secara resmi akan dikirim ke Jakarta,” pungkasnya. (hib/shb)