Ribuan Peserta Ujian CPNS Di Kabupaten Bangkalan Jalani Tes SKD

para peserta CPNS diperiksa dengan memakai alt metal detektor sebelum memasuki ruang ujian

Bangkalan,maduranewsmedia.com– Sebanyak 5.172 orang Peserta ujian Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) menjalani test Seleksi Kompetensi Dasar (SKD). “Tes CPNS ini akan berlangsung selama 10 hari kedepan. untuk nilai passing grade yang ditentukan BKN adalah 275. Jumlah peserta yang mengikuti tes ini sejumlah 5.172 orang, dan kami bagi sebanyak 3 sesi di setiap harinya dan setiap sesi ada 100 orang peserta, jadi dalam sehari ada 300 orang yang mengikuti seleksi tes CPNS,”  kata wakil bupati kabupaten Bangkalan, Drs Mohni MM disela-sela acara pembukaan test CPNS di balai diklat badan kepegawaian pengembangan sumber daya aparatur  (BKPSDA), Selasa (18/02/2020)

Dikatakan dia, dalam penerimaan CPNS tahun ini, pemerintah kabupaten Bangkalan hanya mendapatkan jatah CPNS 297 orang “Bangkalan hanya mendapatkan jatah 297 pegawai dari seluruh kebutuhan formasi instansi. Seandainya total pegawai yang diterima  kurang dari kuota yang telah ditentukan, kami tidak bisa menutupinya dan itu dulu pernah terjadi. Jadi meskipun di formasi yang telah ditetapkan ini tidak ada saingannya jangan berharap ada peluang walaupun nilainya kurang dari ambang batas,” jelas Mohni sapaan akrab Wabup kabupaten Bangkalan ini.

Dijelaskan Mohni, Untuk fasilitas selama tes CPNS berlangsung, panitia sudah mempersiapkan dengan baik. “Kami mempersiapkan hal ini dengan baik,- mulai dari aliran listrik, akses internet. jadi misalkan lampu padam kami langsung menghubungi PLN  agar ujian ini tetap berjalan dengan baik,” terangnya.

Ditambahkan Mohni, dalam pelaksanaan test CPNS ini dipastikan tidak ada kecurangan. “Kami memastikan secara teknis sudah tidak memungkinkan ada celah kecuranga, misalnya ada isu  bisa dimonitor jarak jauh hal ini berdasarkan pantauan kami dan juga ada monitor yang selalu diawasi, yang mengawasi bukan dari atas juga akan tetapi yang dibawah juga diatasi,” kata Mohni.

Wakil Bupati Bangkalan ini mengharapkan, test CPNS ini bisa menghasilkan pegawai yang berkualitas. “Dengan adanya tes ini kami harap bisa menghasilkan calon pegawai yang berkualitas karena minimal hanya orang-orang yang mampu yang bisa menyelesaikan soal ujian dengan baik ” tuturnya

Sementara itu, Kepala Regional Badan Kepegawaian Negara (BKN), Tauchid Djatmiko mengatakan, bahwa soal test CPNS dijamin tidak akan bocor. Sebab peserta baru bisa membuka soal setelah peserta memasukkan PIN dan passwordnya. “Soal itu baru bisa dibuka setelah dia (peserta) memasukkan PIN ke paswordnya  masing masing, dan pada saat itulah dia mengambil soal, setelah dia selesai dan metutup saat itu juga komputer tertutup dan soal itu kembali di slod, jadi tidak satu celah pun  yang kita bisa intervensi. Disamping itu setiap jawaban soal yang dia jawab detik itu juga bisa dilihat di Live scoring dipublik diluar kegiatan ada monitor yang live scoring yang detik per detik nilai dari masing masing peserta bisa dilihat,” jelas Tauchid Djatmiko.

Dijelaskan dia,  untuk Passing great pada pelaksanaan test CPNS ini tiap-tiap materi berbeda. “Ada tiga materi yaitu PWK passing great-nya  65, materi View passing greatnya 80 dan materi TKP passing greatnya 120. itulah yang passing great yang bisa mengikuti test babak berikutnya, tapi tidak mesti langsung, bukan berarti mereka yang sudah lolos passing great itu langsung bisa diterima, tidak,  tapi kita lihat formasinya,” pungkasnya. (ver/shb).