RTMP Bangkalan Mulai Terima Bantuan Ayam Joper

masyrakat miskin saat menerima bantuan ayam Joper

 

Bangkalan,maduranewsmedia.com- Rumah Tangga Miskin Pertanian (RTMP) di kabupaten Bangkalan mulai menerima bantuan ayam Jowo Super (Joper). Penyerahan perdana bantuan dari Kementerian Pertanian Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Balai Besar Inseminasi Buatan (BBIB) Singosari itu dilakukan di desa Pangolangan kecamatan Burneh kabupaten Bangkalan. “Penyerahan bantuan ayam Joper ini kita mulai dari desa Pangolangan,” kata Kordinator bantuan ayam Joper wilayah kabupaten Bangkalan, Ahmad Budi Purnawan, disela acara  Penyerahan Bantuan kegiatan Bekerja 2019 ayam, pakan dan obat obatan  di kabupaten Bangkalan di balai desa Pangolangan, Senin (7/10/2019).

Dikatakan dia, di kabupaten bangkalan ada 8.931 RTMP yang tersebar di 50 desa di 5 kecamatan. Ke-5 kecamatan yang menerima bantuan ayam Joper itu adalah kecamatan Burneh, Tragah, Labang, Socah dan kecamatan Kamal. “Penyerahan bantuan ayam Joper ini kita mulai dari kecamatan Burneh, kemudian ke kecamatan dan desa yang lain,” jelas Wawan panggilan akrabnya koordinator penyerahan bantuan ayam Joper ini.

Dijelaskan Wawan, untuk menuntaskan penyerahan bantuan ayam Joper kepada   8.931 RTMP yang tersebar di 5 kecamatan ini, pihaknya menargetkan 1,5 bulan sudah tuntas. “Insya Allah kalau tidak ada kendala dalam waktu 1,5 bulan, penyerahan bantuan ayam ini sudah selesai,” terangnya.

Ditambahkan Wawan, dalam program bantuan dari Kementerian Pertanian Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Balai Besar Inseminasi Buatan (BBIB) Singosari ini setiap RTMP menerima bantuan 50 ekor ayam joper dan 3 sak atau 150 kg pakan.

Sementara itu, Kades Pangolangan, Sulimin berjanji akan terus melakukan pemantauan terhadap warganya yang menerima bantuan ayam Joper tersebut. “Saya akan memantau warga saya yang telah menerima bantuan ayam Joper ini, saya berpesan kepada RTMP yang menerima bantuan ini kalau ada yang mati difoto dan segera melapor kepada saya,” kata Sulimin.

Dikatakan Sulimin, ada 164 warga desa Pangolangan yang menerima bantuan ayam Joper ini. “Saya berharap warga desa Pangolangan hyang menerima bantuan ayam ini agar betul-betul memelihara ayam bantuan dari pemerintah,” pungkasnya.(hib/shb)