Sabtu Besok Lulusan Siswa SD Di Umumkan

Kasie TK,SD, Disdik Bangkalan, Moh Ya'kub
Kasie TK,SD, Disdik Bangkalan, Moh Ya’kub

Bangkalan, Maduranewsmedia.com– Pengumuman Kelulusan Unjian Nasional (UN) SD dan MI akan diumumkan besok Sabtu (20/06/2015). Dalam penentuan kelulusan SD ini, Dinas Pendidikan Kabupaten Bangkalan tidak mempunyai kewenangan, akan tetapi kewenangan lulusan siswa SD itu merupakan kewenangan pihak sekolah. “Kelulusan siswa SD itu berdsarakan kepada standart Kelulusan (SKL) dan tiap-tiap sekolah berbeda dalam menentukan SKL ini, karena sekolah yang mengerti terhadap kemampuan siswanya,” kata Kasie Kurikulum  TK,SD, Disdik Bangkalan, Moh Ya’kub, Jumat (19/06/2015).

Namun kata Ya’kub, Disdik telah memberikan batasan minimal SKL bagi sekolah. Akan tetapi batasan yang diberikan Disdik tersebut tidak mutlak untuk dikuti oleh sekolah. “Ada batasan nilai  minimal 5,  kalau sekolah menetapkan di bawah nilai itu silahkan,” jelas Ya’kub

Lebih lanjut Ya’kub menjelaskan, selain SKL, kelulsan siswa SD ini juga ada Surat keterangan hasil ujian sekolah (SKHUS) yang dibuat oleh propinsi yang hanya berisi 3 mata pelajaran yaitu Matematika, bahasa Indonesia  dan Ipa. “SKHUS ini dibuat untuk melanjutkan ke sekolah yang tinggi,” katanya.

Dikatakan Ya’kub  jika melihat dari hasil SKHUS, diprediksi siswa SDN yang ikut UN di kabupaten bangkalan lulus 100 persen. “Insya Allah lulus 100 persen, seperti tahun  kemarin lulus 100 persen,” pungkas Ya’kub. (hib/shb)