Sabtu Besok Pengumuman Lulusan Siswa SMA Dan SMK, Cabdin Wilayah Bangkalan Harapkan Tak Ada Konvoi Siswa

ilustrasi

Bangkalan,maduranewsmedia.com– Hari Sabtu tanggal 2 Mei 2020 besok pengumuman kelusan siswa SMA dan SMK. Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Bangkalan mengharapkan tidak ada konvoi siswa. “Kami meminta dan berharap agar siswa tidak melakukan konvoi dan orang tua bisa menjaga supaya anaknya tidak keluar rumah serta lebih menyiapkan diri untuk persiapan masuk ke perguruan tinggi negeri,” kata  Kepala Cab dinas Pendidikan  wilayah Bangkalan Sunarto, SH., M.Si, Jum,at (01/05/2020)

Dikatakan dia, terkait pengumuman kelulusan besok, pihaknya sudah mengintruksikan kepada semua kepala sekolah untuk memantau siswa-siswinya dan melakukan komunikasi dengan para wali siswa agar siswa tidak melaksanakan konvoi. “Yang jelas kami sudah memberikan himbauan kepada semua sekolah,” katanya.

Sementara itu, Kasi SMA, PKLK Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Bangkalan, Moh. Fauzi M.Pd mengakatan, pengumuman kelulusan siswa SMA dan SMK itu sudah sesuai dengan Persekjen Kemendikbud. “Sesuai dengan Peraturan Sekjen Kemendikbud No 5 tahun 2020 bahwa kelulusan siswa Hari sabtu tanggal 2 Mei 2020, dan karena penguuman keluusan ini bulan puasa,maka kami harap tidak ada konvoi siswa,” jelas Fauzi sapaan akrabnya  Kasi SMA, PKLK Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Bangkalan ini.

Apalagi gi kata dia, selain bulan puasa, kondisi saat ini masih dalam pandemi virus Corona (Covid-19). “Kami dan Pengawas sudah memberikan himbauan, mudah-mudahan dengan kondisi saat ini, di masa wabah virus Covid-19 dan bulan puasa, semoga tidak ada konvoi siswa,” terangnya..

Sebab kata Fauzi, pihaknya mendengar informasi, bahwa konvoi siswa yang dilakukan sebelum bulan puasa itu merupakan konvoi kelulusan yang diumukan hari Sabtu besok. “Informasi yang saya terima, sebelum pengumuman kelulusan sebelum bulan puasa ada konvoi siswa, mereka melakukan konvoi sebelum pengumuman itu, karena mereka merasa pada saat pegumuman kelulusan diumumkan yaitu tanggal hari Sabtu tanggal 2 Mei besok mereka tidak mungkin melakukan konvoi karena  bulan puasa. Semoga Informasi ini benar adanya,” tutur mantan pengajarSMAN-4 Bangkalan ini. 

Dijelaskan Fuazi, sebelum pengumuman kelulusan siswa itu diumumkan, pihak sekolah melakukan rapat kelulusan. “Sebelum pengumuman kelulusan itu, sekolah akan mengadakan rapat terlebih dahulu, tehnisnya saya ngak tahu apakah rapat dengan vidcon, hal itu  tergantung kepada kondisi sekolah masing-masing. dari rapat kelulusan ini biasanya sekolah menentukan kelulusan siswa,” tuturnya.


Jadi kata Fauzi, siswa yang lulus dan tidak lulus itu sudah bisa diketahui pada hari Sabtu  tanggal 2 Mei 2020. “Karena pada tanggal 2 Mei itu hari Sabtu, maka nanti untuk penandatanganan berkas dan pengawasan serta laporan ke Cabdin pendidikan wilayah kabupaten Bangkalan  bisa dilakukan pada  hari seni tanggal  4 Mei 2020,” ujarnya.

Terpisah Kepala  SMAN 3 Bangkalan yang juga PLT Kepala. SMAN 1 Kwanyar, Iskandar. M.Pd menjelaskan, pihaknya sudah menjalankan intruksi pimpinan dengan memerintahkan para wali kelas untuk melakukan komunikasi dengan siswa dan orang tua agar tidak konvoi dan tetap dirumah saja. “Selain komunikasi rutin mengenai pembelajaran, kami juga memantau kesehatan siswa ini dilakukan dengan daring melalui wag,”pungkasnya. (hib/shb)