HEADLINEPENDIDIKANPERISTIWATERKINI

Santri Al-Hikam Kaskel Bangkalan, Peringati Malam Pergantian Tahun Baru Dengan Pembacaan Dzikir Dan Solawat

Pengasuh Ponpes Al-Hikam Kaskel, KH Hasan Syafii saat memimpin acara pembacaan Dzikir dan Solawat

Bangkalan, maduranewsmedia.com– Ada banyak cara yang dilakukan oleh Masyarakat dalam menyambut malam pergantian tahun baru. Seperti yang dilakukan oleh ratusan Santri Pengasuh Pondok Pesantren Al Hikam Kaskel Kelurahan Kemayoran kecamatan Kota Kabupaten Bangkalan ini, mereka menyambut malam pergantian tahun baru dengan pembacaan Dzikir dan Solawat. “Tujuan dari pembacaan Dzikir dan Solawat ini untuk menyambut malam pergantian thaun baru Masehi,” kata Pengasuh Pondok Pesantren Al Hikam Kaskel KH Moh Hasan Syafii, Senin (31/12/2018).

Dikatakan dia, selain untuk menyambut malam pergantian tahun baru masehi, pembacaan Dzikir dan Solawat itu juga dalam rangka untuk menyelamati Ponpes  Al-Hikam. “Acara pembacaan dzikir dan Solawat ini dimulai sejak pagi hari, hingga malam, dengan pembacaan dzikir dan Solawat ini diharapkan para santri Ponpes Al-Hikam tidak keluar dari lingkungan Ponpes pada malam pergantian tahun baru ini,” jelas Kiai Hasan panggilan akrabnya pengasuh Ponpes Al-Hikam Kaskel ini.

Dijelaskan Kiai Hasan, dengan membuat acara tersendiri seperti ini, diharapkan para santri dalam memperingati malam pergantian tahun tidak dengan cara hura-hura. “Dengan dzikir dan baca solawat para santri fokus dengan kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan Allah,  bukan dengan hura hura, jadi dalam menyambut malam pergantian tahun baru ini kita peringati dengan dzikir dan solawat,” terangnya.

Dealam acara puncak pembacaan dizkir dan Solawat, ratusan santri ponpes Al-Hikam berkumpul di gedung ponpes yang masih dalam proses penyelesaian. Mereka berdzikir dengan hidmat, acara puncak pergantian tahun baru yang diisi dengan Dzikir dan Solawat itu dipimpin langsung oleh Pengasuh Ponpes Al-Hikam Kaskel kelurahan Kemayoran, KH Hasan Syafii. (hib/shb)