Sejumlah OPD Sering Mangkir Panggilan Dewan

Ketua Komisi D, Hosyan Muhammad

 

Bangkalan,maduranewsmedia.com -Sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) d kabupaten Bangkalan sering mangkir saat diundang oleh Dewan. Akibat mangkirnya sejumlah OPD tersebut, dewan tidak bisa melakukan evaluasi. “Karena selalu mangkir kita tidak bisa melakukan evaluasi, baik mangkir pada saat pembahasan LKPJ Bupati maupun pada saat evaluasi,” kata Ketua Komisi D DPRD Bangkalan, Hosyan Muhammad, Senin (6/8/2018).

Dikatakan dia, komisi D mempunyai 9 OPD sebagai mitra kerja, dari 9 OPD itu ada 3 OPD yang selalu mangkir pada saat diundang untuk pembahasan LKPJ maupun evaluasi kegiatan. “Yang sering ngak datang ketika diundang itu ada tiga OPD, Kadis KBKS dan Pemberdayaan Perempuan, Kadis Perpustakaan dan Plt Kadisdik,” jelasnya.

Politisi PPP ini mengaku tidak tahu kenapa ketiga OPD tersebut selalu mangkir. “Saya ngak tahu apa alasannya mereka mangkir, dan saya juga ngak ngerti apa yang diinginkan mereka, maunya itu apa sehingga mereka selalu mangkir,” terang Hosyan panngilan akrabnya Ketua Komisi D DPRD Bangkalan ini.

Padahal kata dia,  kepala OPD diundang untuk membahas persoalan-persoalan yang berkaitan dengan kepentingan masyarakat. “Kalau pemanggilan kepada kepala OPD ini berkaitan dengan kasus, wajar mereka mangkir, tapi undangan ini untuk pembahasan kemaslahatan masyarakat, kalau mereka selalu mangkir berarti mereka sudah tidak peduli kepada kepentingan masyrakat, ini bukan untuk kepentingan pribadi,” tutur anggora Dewan asal kecamatan Klampis ini.

Jadi kata Hosyan, ketika terjadi persoalan atau mkasus yang menimpa tiga OPD tersebut, pihak tidak  bisa berbuat apa apa. “Tentu kalau ada sesuatu hal yang sangat krusial atau suatu kasus misalnya, jelas kita tidak bisa melakukan evaluasi,” katanya.

Oleh sebab itu kata dia, pihaknya mengharapkan kepada Pj Bupati Bangkalan untuk memberikan teguran dan peringatan kepada OPD yang selalu mangkir dari pembahasan ini.  “Ya kami minta kepada Pj  Bupatl agar mereka di beri teguran di beri peringatan,” ujarnya,

Jika masalah mangkirnya sejumlah OPD ini dibiarkan,  maka bukan tidak mungkin OPD OPD yang lain akan mangkir ketika dipanggil oleh Dewan. “DPRD ini lembaga terhormat, kalau mereka yang dibiarkan  maka akan menjadi preseden buruk,” pungkasnya. (hib/shb)

 

iklan 100x100