Selama Pelaksanaan UNBK, Smekta Bangkalan Tiap Hari Isi Botol  Hand Sanitizer

para guru dan Kepala Sekolah SMKN-3 Bangkalan foto bersama di hari terakhir UNBK

Bangkalan,maduranewsmedia.com– Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat SMK yang digelar dibawah ancaman wabah virus Corona (Covid-19) membuat sekolah penyelenggara menyediakan hand sanitizer. Untuk mencuci tangan para siswa agar terhindar dari virus Corona. “Setiap hari kami harus mengisi botol hand sanitizer yang disediakan di tiap-tiap ruang ujian,” kata Wakasek Kurikulum SMKN-3 (Smekta) Bangkalan, Rita Okatvianti, Kamis (19/03/2020).

Dikatakan dia, penyediaan Rita Okatvianti ini untuk mengantisipasi penyebaran virus Corona (Covid-9) yang merupakan himbauan dari Dinas pendidikan Propinsi Jatim. “Karena pelaksanaan UNBK ini digelar dalam situasi mewabahnya virus Corona, Dinas Propinsi mengajurkan agar sekolah menyediakan  hand sanitizer, jadi setiap ruang ujian kami sediakan hand sanitizer atau tempat mencuci tangan,” jelas Rita Oktavianti.

Jadi kata Rita Oktavianti, sebelum memasuki ruang ujian siswa diwajibkan untuk mencuci tangan terlebih dahulu. “Selain hand sanitizer, kami juga menyiapkan sabun. Alhamdulilah sekarang UNBK telah selesai dan hari ini merupakan hari terakhir pelaksanaan UNBK dengan mata pelajaran Kejuruan,” terangnya..

Dijelaskan Rita Oktavianti, pada pelaksanaan UNBK tahun ini ada 247 siswa di SMKN 3 Bangkalan. Ratusan peserta UNBK itu kata dia, terdiri dari siswa SMKN-3 Bangkalan sebanyak 147 siswa dan 73 siswa dari 3  SMK-Swasta Penggabung. “SMK swasta yang UNBK-nya bergabung dengan SMKN-3 itu adalah  SMK-S Matholiul Anwar, SMK-S Sirrul Kholil dan SMK-S Manbaus Salam,” tuturnya.

Ditambahkan dia, 247 siswa peserta UNBK ini dibagi dalam ruang ujian tiap-tipa ruangan ada 20 siswa. “Kita jadi 3 sesi, sementara untuk pengawas ujian dilakukan dengan sistem pengawasan silang,” pungkasnya. (hib/shb).