HEADLINEKESEHATANPENDIDIKANPERISTIWAPOLITIK & PEMERINTAHANTERKINI

Serapan Tembakau Rendah,  Bupati Sidak Ke Rumah Petani Tembakau

Bupati Pamekasan Achmad Syafii saat sidak ke rumah petani tembakau
Bupati Pamekasan Achmad Syafii saat sidak ke rumah petani tembakau

Pamekasan, maduranewsmedia.com – serapan tembakau yang masih rendah nampakny amenjadi perhatian Bupati Pamekasan Achmad Syafii, untuk mengetahuio secara langsung persoalan apa yang menjadi kendala rendahnya serapan tembakau ini, orang nomer satu dilingkungan pemkab Pamekasan ini  melakukan kunjungan kerumah petani tembakau di Desa Konang Kecamatan Galis, untuk mendengarkan keluhan mereka.

Politisi partia Demokrat ini, turun langsung ke masyarakat hanya ingin mengetahui secara langsung proses produksi di bawah, apalagi serapan tembakau hingga kini masih rendah serta tembakau petani rusak akabat cuaca yang tidak bersahabat. “Kita akan menekankan kepada pabrik agar lebih dimaksimalkan dalam melakukan pembelian,” ungkap Bupati Pamekasan, Achmad Syafii, Selasa (27/9/2016).

Syafii menambahkan, rendahnya penyerapan tembakau tersebut bukan hanya faktor leletnya pabrikan  melakukan pembelian saja melainkan faktor cuaca karena di pamekasan hujan terus menerus membuat tembakau rusak.

“Ya karena memang tembakau petani tidak panen bersamaan, karena faktor cuaca yang tak mendukung,” tambahnya.

Untuk diketahui sampai saat ini serapan tembakau petani masih sekitar 20 persen dari total 10 ribu ton perkiraan hasil produksi.

Sementara itu Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Pamekasan, Bambang Edy Suprapto, rendahnya serapan tembakau di kabupaten Pamekasan, karena sampai saat ini gudang yang buka masih sedikit.  “Gudang yang buka saat ini sedikit, sehingga serapan tembakau sampai sekarang masih sekitar 2 ribu ton,” pungkas Edy Suprapto.  (rhm/shb)