HEADLINEHUKUM & KRIMINALKESEHATANPERISTIWAPOLITIK & PEMERINTAHANTERKINI

Sering Bikin Kumuh, Satpol PP Bangkalan Tertibkan PKL SGB

petugas Satpol PP saat menetibkan PKL
petugas Satpol PP saat menetibkan PKL

 

Bangkalan,maduranewsmedia.com– karena berjualan di sembarang tempat dan sering membuat kumuh kawasan Stadion Gelora Bangkalan (SGB) Satuan Polisi Pamong Paraja (Satpol PP) kabupaten Bnagkalan melakukan penertiban Pedagang Kaki Lima (PKL) yang biasa mangkal dikawasan tersebut. “Kalau jumlah seluruh PKL yang berjualan di SGB ini datanya kongkretnya ada di Disperindang kami tidak tahu, namun yang kami tertibkan hari ini ada sebanyak 30 PKL,” kata Kasatpol PP Bangkalan, Ram Halilih disela-sela acara penertiban di halaman SGB, Rabu (14/09/2016).

Ke-30 rombong dan lapak PKL yang ditertibkan itu langsung diangkut ke kantor Satpol PP untuk pendataan lebih lanjut. “Lapak mereka kita tahan di kantor Satpol PP dan PKL-nya akan kita lakukan pembinaan secara terus menerus,” jelas Ram Halilih.

Djelaskan dia, penertiban yang dilakukan terhadap PKL di SGB tersebut bukan bermaksud untuk mematikan usaha mereka, akan tetapi Satpol PP akan melakukan penataan PKL di kawasan tersebut. “Kami tidak ingin mematikan usaha mereka, mereka biar terbentuk dalam suatu wadah paguyuban. Selanjutnya kalau sudah terbentuk Paguyuban PKL SGB,  akan kami dilakukan penataan dan pembinaan,” terangnya,

Lebih lanjut Ram Halilih menjelaskan, sebelum melakukan penertiban PKL di depan SGB tersebut, pihaknya telah melakukan koordinasi dengan pengelola SGB. Karena mereka berjualan disembarang tempat ya kita tertibkan, nanti akan kami tata, bentuk lapaknya bagimanana, kalau yag ada sekarang sudah modelnya  ngak karuan- karuan berjualan tempatnya di sembarangan, maka kita tertibkan,” tuturnya.

Ketika didresak, apakah penertiban PKL di depan SGB tidak memantik persoalan dengan pengelola PKL yang ada saat ini ? Kasatpol PP bangkalan ini mengaku tidak takut pada siapapun selagi dirinya berad adi pihak yang benar. “Bagi kami terhadap obyek obyek vital yang merupakan fasilitas pemerintah dan penataannya tidak sesuai dengan penataan kota siapapun yang ada di belakang itu akan tetap kami tertibkan, namun kami sduah berkomunikasi. Dengan Disporabudpar yang mengelola PKL di SGB ini,”  kata Ram Halilih

Sebab kata dia, penertiban terhadap PKL di SGB yang dilakukan saat ini agar para pKL tetap menjaga kebersihan. “Kami selalu menekankan kepada PKL masalah kebersihan, karena mereka (PKL) minta dibina oleh Satpol PP, maka kita lakukan  jemput bola,”  pungkanya. (hib/shb).