HEADLINEPENDIDIKANPERISTIWAPOLITIK & PEMERINTAHANTERKINI

SMA dan SMK di Bangkalan Tahun ini 100 Persen  UNBK

Kepala SMAN-2 Bangkalan diruangan yang akan ditempati UNBK

 

Bangkalan,maduranewsmedia.com– Kalau pada tahun 2016 lalu hanya 10 lembaga SMA dan SMK yang melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), namun tahun 2017 semua SMA dan SMK harus 100 persen harus UNBK. “Semua Kepala sekolah SMA dan SMK sudah kami kumpulkan, Insya Allah tahun ini SMA dan SMK di Bangkalan 100 persen UNBK,”. Kata Kepala  cabang Dinas Pendidikan wilayah kabupaten bangkalan, Mariyono, Senin (13/2/2017 )

Dikatakan Mariyono, pihaknya memastikan bahwa SMA dan SMK di kabupaten Bangkalan 100 persen UNBK, setelah dirinya melihat keadaan sekolah sekolah dibawah. “Tentunya kami sudah melihat kondisi dan keadaan dibawah makanya kami nyatakan 100 persen UNBK,” jelasnya.

Dijelaskan Mariyono,  mandiri, jumlah SMK penyelenggaran ada 30 sedangkan SMK penggabung ada 21 sekolah, sementara. Untuk SMA penyelenggaran ada 33 dan SM penggabung ada 34 lembaga. “Total untul SMK ada 51 sekolah negeri dan swasta dan SMA  ada 67 sekolah,” terangnya.

Memang kata Mariyono, selama ini banyak sekolah yang kebingungan menghadapi UNBK ini,namun setelah diberitahu solusinya para kepala sekolah memahami. “Kami beri solusi agar sekolah penyelenggara yang belum memiliki komputer saya beri. Solusi agar  supaya pinjam saja,” katanya.

Terpisah kepala SMKN-2 Bangkalan, Abdus Syakur mengatakan, pada awalnya SMAN-2. Bangkalan hanya mempunyai 5 unit komputer dalam menghadapi UNBK, namun saat ini pihaknya sudah mempunyai 2/3 kebutuhan komputer untuk UNBK. “Siswa kelas XII sebanyak 353 siswa, berarti kalau 2/3 kami harus menyediakan 120 unit, kami masih mempunyai 40 unit dan kekurangannya 80 unit pinjam ke klien ataus. Siswa dan itu dibolehkan,” kata Abdus Syakur.

Dikatakan Abd Syakur, saat ini ada 134. Siswayang telah siap untuk meminjamkan Lap topnya. “Lap tom siswa yang siap dipinjamkan kesekolah ini akan kita instal progam UNBK, lap top yang bisa kita install langsung di isntal dan yang tidak bisa. Di instal kita kembalikan,” jelasnya.

Ditambahkan Abdus Syakur, untuk pelaksanaan UNBK ini, pihaknya menyiapkan 3 kelas dan saat ini 1 lokal atau kelas sudah siap dengan komputer, sementara yang 2 kelas nanti komputer-nya yang pinjam ke siswa itu.  “Untuk Laptop atau komputer yang pinjam ke siswa mulai hari ini akan di install, karena tanggal 20 hingg 21 pebruari akan ada simulasi UNBK dan siswa akan dilatih selama 2 hari,” pungkasnya.(hib/shb)