Sosialisasikan Bahaya Narkoba Kepada pelajar, Satnarkoba Manfaatkan MOS

Kasatnarkoba Polres Bangkala, AKP Hery Kusnanto saat menyapiakn materi
Kasatnarkoba Polres Bangkala, AKP Hery Kusnanto saat menyapiakn materi

Bangkalan, Maduranewsmedia.com– banyaknya pelajar yang terlibat dalam penyalahgunaan narkoba, nampaknya menjadi perharhatian polres Bangkalan. Untuk memberikan gambaran bahaya Narkoba kepada Pelajar, Satnarkoba Polres Bangkalan memanfatkan momen Masa Orientasi Sekolah (MOS) sebagai sosialisasi kepada kalangan pelajar . “Maksud dari acara ini, kita ingin memberikan gambaran kepada pealajar tentang bahaya narkoba, karena saat ini banyak narkoba yang beredar dilingkungan sekolah,” kata Kasat Narkoba AKP Hery Kusnanto saat menjadi pemateri dalam acara MOS SMPN-2 Bangkalan, Selasa (28/07/2015)

Dikatakan dia, dalam penanganan kasus Narkoba di kabupaten bangkalan, sedikitnya ada 5 orang pelajar yang terlibat dalam penyalahgunaan narkotika. “Faktanya pada tahun 2015 ada 5 orang pelajar yang mengkonsumsi narkoba, makanya kami bekejsama dengan Dinas pendidikan untuk membeikan materi narkoba, dan pemahaman penyalahgunaan nakoba,” jelas Hery.

Dijelaskan dia, pengenalan bahaya narkoba kepada pelajar ini akan terus dilakukan lebih-lebih pada masa MOS ini. “Kesempatan ini akan digunakan kepada siswa siswi selama MOS mulai dari tingkat SMP, SMA dan di kalangan Ponpdok Pesantren, alhamdulillah selama ini sudah banyak siswa yang sudah paham akan bahaya narkoba” tuturnya.

Lebih lanjut Hery menjelaskan, selain ditingkat pelajar, pihaknya juga telah melakukan kerjasama dengan Perguruan tinggi dalam penerimaan mahasiswa baru. “kita sudah kerja sama dengan Ngudia Husada Madura dalam penerimaan mahaiswa baru, jadi pada saat penerimaan mahasiswa baru  dilakukan tes urine, kalau pada saat tes ada calon mahasiswa yang terindikasi maka kita langsung rekomendasikan untuk tidak menerima calon mahasiswa yang bersangkutan,” katanya.

Sementara itu, kabid Kesiswaan SMPN-2 bangklalan, Ninik Agustini mengatakan setiap tahun dalam pelaksanaan MOS pihkanya selalu mengundang dari kepolisian. “Dengan acara seperti ini siswa kami bisa mengetahui bahaya nakoba, selain itu disini ada juga pendidikan karakter, tujuannya untuk  meciptakan karakter siswa yang bagus,” pungkas Ninik Agustini. (hib/shb)