HEADLINEPOLITIK & PEMERINTAHANTERKINI

Stok Garam di Bangkalan Melimpah, Kebutuhan Konsumsi Garam Masyarakat Tercukupi

Kepala Dinas Perikanan bangkalan, Moh Zaini

Bangkalan,maduranewsmedia.com– Stok garam di kabupaten Bangkalan saat ini melimpah dan mencukupi kebutuhan garam masyarakat. “Produksi garam kita sampai dengan bulan Desember tahun 2020 sebesar,  3,854,6 ton, sementara Kebutuhan  konsumsi garam di kabupaten Bangkalan  2,426 ton/tahun,” kata Kepala Dinsa Perikanan Kabupaten Bangkalan, Moh Zaini, Selasa (23/03/2021).


Dikatakan Dia,  Konsumsi garam tiap orang menurut WHO  yaitu 2,3- 3 kg/tahun, setelah dihitung dengan jumlah penduduk di kabupaten Bangkalan, kebutuhan konsumsi garam masih terpenuhi. “Jumlah penduduk kabupaten Bangkalan menurut sensus penduduk tshun 2020 sebesar 1.054.873 jiwa setelah dihitung dengan kebutuhan konsumsi garam sesuai standart ideal WHO ditemukan angka 2,3 kg/ jiwa/ tahun,” jelas Zaini sapaan akrabnya Kadis Perikanan kabupaten Bangkalan ini.


Dijelaskan Zaini, jika melihat dari jumlah produksi dan kebutuhan konsumsi garam masyarakat, maka pihaknya tidak kuatir dengan kebutuhan konsumsi garam. “Saat ini  Stok garam sampai dengan buan Desember 2020 sebesar 2.873 ton,” terangnya.


Dari jumlah stok garam yang ada kata Zaini, para petani garam telah melakukan penjualan garam sebesar  1,405,1 ton. “Para petani menjual garam seharg Rp 300/kg dan total penjualannya sudah mencapai 1,405,1 ton,” pungkasnya. (hib/shb)