Sungai Tambangan Arosbaya Meluap, Puluhan Dusun Di Empat Desa Terendam Banjir 

kepala BPBD Bangkalan saat menyerahkan bantuan kepada korban bencana banjir

Bangkalan,maduranewsmedia.com- Akibat diguyur hujan selama satu hari satu malam, air sungai Tambangan Arosbaya meluap, akibat luapan air sungai tersebut 11 dusun yang ada di 4 desa di kecamatan Arosbaya terendam banjir. “Air mulai meninggi sekitar pukul 03.00 wib dini hari,” kata Zubaidi Warga Dusun Lebak kecamatan Arosbaya,  Rabu (6/2/2019).

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Dearah (BPBD) kabupaten Bnagkalan, Rizal Morris menjelaskan,  aliran air yang merendam 11 dusun itu berasal dari kecamatan Geger. “Air itu kiriman dari kecamatan Geger yang menyebabkan  air sungai Tambangan Arosbaya meluap, ketinggian air mencapai 50 cm sampai dengan 1 meter,” jelas Rizal Morris.

Dijelaskan Rizal Morris, akibat luapan air sungai Tambangan itu, 11 dusun di 4 desa terendam banjir. Ke-11 dusun itu adalah dusun Temor Lorong, Rangujang, Segaran, Pandiyan, Ngantemoran, Baban, Lebak Utara desa Arosbaya, dusun Buduran, Ta’anyar Desa Buduran, Ta,anyar desa Plakaran dan dusun Bukit Utara desa Tengket. “A;lhamdulilah tidak ada korban jiwa, hanya dusun yang tergenang,” terangnya.

Selain merendam 11 dusun di 4 desa di kecamatan Arosbaya, luapan air sungai Tambangan juga menyebabkan ratusan hektar sawah yang ditanami padi rusak parah. “Ada 183 hektar sawah di desa Buduran dan desa Plakaran Baleng yang sudah ditanami padi rusak akibat terendam banjir,” tutur Rizal.

Ditambahkan Rizal, dalam menangani bencana banjir di kecamatan Arosbaya ini, Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD kabupaten Bangkalan beserta personel Polsek Arosbaya, Personel Koramil Arosbaya, Camat Arosbaya dan warga melakukan pengaturan lalu lintas. “Lalun lintas dijalan prtokol,kecematan Arosbaya macet yang timbulkan oleh banjir,” kataya.

Selain itu imbuhnya, BPBD juga melakukan monitoring ketinggian air setiap jam serta berkordinasi dengan instansi terkait “”BPBD telah  memberikan  bantuan makanan siap saji untuk didistribusikan ke korban terdampak bencana banjir,” pungkasnya. (hib/shb)